Sabtu, 01 Agustus 2020

Kenapa Ada 4 Belah Ketupat di Kotak Konstruksi Segitiga? Penjelasan Versi Untuk (level) Anak

Nama siswa RumahMontessori yang bertanya diwakili dengan nama Anakku di paparan ini. 

NOTES Penting :
Sebelum menyampaikan paparan jawaban di bawah ini ke anak-anak pastikan orangtua atau fasilitator membaca dulu penjelasan lengkap versi untuk umum  terkait pertanyaan Anakku ada di link : 
Silakan dibaca sampai tuntas untuk tambahan wawasan pengetahuan. 

Penyampaian penjelasan khusus untuk Anakku (level anak) atas pertanyaannya adalah sebagai berikut :

Terimakasih untuk pertanyaannya, Anakku  🥰
*Mengapa ada 4 belah ketupat?* dalam kotak konstruksi segitiga 2 - heksagon kecil - yang sedang dipinjam Anakku? : 

Ibu Ivy coba jawab pertanyaan Anakku ya.. 

1•• Di kotak heksagon kecil ini, Anakku sedang mulai dikenalkan pada bentuk segi empat yang terbangun dari gabungan segitiga, salah satunya bangun belah ketupat
2•• Di kegiatan ini, karena belah ketupat termasuk bangun segi empat yang baru dikenalkan maka dibuat lebih banyak supaya Anakku terbantu untuk lebih kenal dan mengingat lebih kuat tentang bentuk ini. Anakku bisa lihat dengan berulang kali ya : belah ketupat ini ternyata selalu menunjukkan kedua segitiganya selalu sama besar, garis hitamnya yang tegak dan lurus ke samping membelah dan membagi belah ketupat menjadi dua bagian segitiga yang selalu sama besar (orangtua bisa tunjukkan garis hitam pada belah ketupat) 
Selain itu kita bisa membangun segi enam atau heksagon kaya wadah kotak konstruksi ini dengan menggabungkan 3 belah ketupat yang sama persis bentuk rupanya. Kamu bisa coba sendiri melakukannya

(lanjutkan memberi anak pemahaman lewat kehidupan sehari-hari)
Inget kan.. Kalau Anakku melakukan sesuatu diulang-ulang dan sering maka Anakku akan semakin ingat, cepat bisa, cepat mengerti caranya. Misalnya mandi, makan sendiri atau naik sepeda. 
Begitu juga kalau bunda atau bu guru ngingetin sesuatu ke Anakku berulang kali, Anakku pasti akan lebih cepat ingat karena sering dengar atau lihat. Tapi kalau terlalu sering diingatkan kadang jadi bosan juga ya 😁

Nah sama, di kegiatan kotak konstruksi segitiga 2 ini, mata penglihatan dan ingatan Anakku sedang diulang terus agar semakin ingat dan cepat mengerti tentang ciri khusus dari belah ketupat, karena nanti ke depannya Anakku akan ketemu dengan beberapa bentuk segi empat lain yang berbeda ciri khasnya dengan belah ketupat ini. Berbeda ciri karakter bangunnya tapi masih sama-sama kelompok segi empat.
Nanti deh kita minta bu guru ya minggu depan, supaya Anakku bisa dapat kotak konstruksi segitiga berikutnya yaitu kotak heksagon besar. 
Di kotak itu Anakku akan ketemu dengan yang mirip belah ketupat tapi namanya jajaran genjang, sebab punya ciri karakter yang berbeda dengan belah ketupat. Terus nanti juga akan ketemu lebih banyak segi empat lainnya di kotak konstruksi segitiga 4 - kotak persegi. 
Nah karena Anakku sudah berulang diingatkan sampai 4× bikin belah ketupat di kegiatan kotak konstruksi segitiga 2 ini, InsyaAllah Anakku akan semakin mudah mengerti di mana perbedaan tersebut, supaya gak ketukar nama bangun geometri dan lebih mudah mengenal ciri khasnya. 

Kalau Anakku bertanya lagi :
Kenapa gak dibikin lebih banyak lagi saja belah ketupatnya supaya tambah cepat lagi kita ingat dan bisanya? 
Bisa dicoba dengan respon seperti ini : Mungkin menurut si pembuat metoda ini, 4 buah sudah cukup. Beliau menetapkan bahwa 4 belah ketupat tersebut adalah hasil terbaik dari sebuah proses penelitian yang cukup panjang. 
Kalau kebanyakan, anak-anak nanti akan bosan (seperti Anakku yang akan merasa bosan kalau terlalu keseringan dibilangin orang hehe) dan gak semangat merhatiin atau tanya tanya karena lelah. Tapi kalau terlalu sedikit, misalnya cuma 1-2 buah belah ketupat saja itupun dirasa akan kurang menarik bagi anak-anak.

Nah.. Itu saja penjelasannya dari Ibu Ivy. Semua jawaban ini boleh diterima atau tidak oleh siapapun. Bahkan kalau mau dikaji ulang sendiri sekalipun untuk penguatan kebenarannya, silakan.. Karena pada hakikatnya ilmu pengetahuan memang dinamis dan harus terus berkembang.

Salam Hangat dari Ibu Ivy 🥰🙏



Tidak ada komentar:

Posting Komentar