Sabtu, 01 Agustus 2020

Dalam Fonik : Mengapa Huruf Vokal Dibunyikan Dengan Tambahan Suara Desah 'h'?

Seri rangkaian Q and A - tanya jawab seputar Metoda Montessori PAUD

Notes :

Untuk menjawab pertanyaan Q and A, sumber referensi yang dipakai dalam paparan blog ini beragam. Penulis bisa mendapatkannya dari hasil pencarian data pengetahuan yang berasal dari berbagai sumber seperti buku-buku pengetahuan terkait serta workshop dan komunitas Montessori enthusiast skala internasional dan local yang diikutinya. Bisa juga merupakan pendapat pribadi penulis hasil dari pengalaman dan pengamatannya selama dua dekade (hampir 20 tahun sebagai praktisi PAUD dan metoda Montessori) yang tetap berdasar pada data ilmu pengetahuan yang terkait, ilmu psikologi tumbuh kembang anak, metoda montessori dll. Wajar dan pasti jika ada salah dan kurang dari penulis.

Mohon diambil yang baik dan bermanfaatnya saja, semua penyimpulan dan pilihan jawaban dikembalikan kepada kebutuhan pembaca.

Para pembaca dipersilakan bahkan wajib untuk mencari pengetahuan dan informasi lainnya dari berbagai sumber sehingga dapat memperkaya wawasan. 

Mengapa huruf vokal selalu dibunyikan dengan tambahan suara desah 'h' dalam lagu fonik yang dinyanyikan di Rumah Montessori? 

Pertanyaan yang berasal dari orangtua siswa Rumah Montessori di masa PJJ online learning ketika anak-anaknya mendapat materi pengenalan huruf dalam sistem fonik lewat lagu Anak Ayam.

Untuk mengetahui bagaimana pengenalan alfabet melalui lagu fonik dalam Bahasa Indonesia versi Rumah Montessori silakan klik link berikut : https://youtu.be/ANNc5vIc08w


Terimakasih untuk pertanyaannya, saya coba jawab ya.. 😊

Saat bernyanyi lagu fonik anak ayam versi RumahMontessori memang semua huruf yang dinyanyikan terdengar seperti ada semacam desah huruf 'h', termasuk untuk huruf vokal (contoh huruf 'a' dibunyikan = 'ah', huruf 'e' dibunyikan = 'eh', huruf 'u' dibunyikan ='uh' dst). Beberapa yang memperhatikan mungkin menganggap bahwa tambahan bunyi desah 'h' tersebut tidaklah perlu ada karena nama dan bunyi huruf vokal dalam Bahasa Indonesia tiada berbeda. Ada kemungkinan pula bisa memberikan kebingungan saat proses awal membaca.

Alasan dari sudut pandang kami sederhana saja, yaitu untuk memberikan sedikit perbedaan terhadap 'identitas' antara yang mana nama huruf dan yang mana bunyi huruf atau foniknya ☺

Yang pasti, tidak semua lagu fonik seperti itu, tapi kami memilih yang seperti biasa dinyanyikan.

Jadi tidak ada masalah dan silakan saja bagi siapapun untuk memilih lagu fonik yang ada desah 'h' atau tanpa 'h'. OK aja kok kita mah kalau ada yang merasa lebih mudah dengan bunyi 'a - i - u - e - o' (tanpa 'h') dan bukan dengan 'ah - ih - uh - eh - oh'  saat mengenalkan huruf vokal Bahasa Indonesia dengan sistem fonik. Karena betul juga, toh saat diterapkan dalam proses baca kata nanti, desah 'h' dalam bunyi huruf vokal tadi pasti ditiadakan. 

Ada satu catatan penting yang perlu kita ketahui : tidak perlu khawatir semua anak bakal bingung atau salah permanent dalam membaca kata. Misalnya untuk kata 'ratu', anak akan membacanya jadi 'rah-tuh' akibat dari mengenal huruf lewat lagu fonik tadi dan mungkin berlaku sama untuk kata lainnya yang mengandung huruf hidup pula seperti kata 'kayu' akan dibacanya menjadi 'kah-yuh' dsb. 

Ada memang beberapa anak akan mengalami itu di awal sekali ia mulai belajar membaca, tapi tidak akan permanent karena dengan sendirinya seiring waktu berjalan akan secara otomatis terbenahi. Percayalah, anak itu luar biasa cerdas dan mampu membuat simpulan analisa lewat pengalaman belajarnya sendiri. 

Buktinya, sebagian besar anak-anak RumahMontessori saat mulai belajar baca, hampir semuanya tidak menyebutkan bunyi 'h' lagi ketika ketemu huruf vokal atau membaca kata-kata lainnya.  

Mereka aman-aman saja bacanya. Padahal di sekolah, sudah tentu mereka sekelas mengenal dan menyanyikan lagu anak ayam versi kami dari guru. Tapi dalam membaca kata, mereka semua baik-baik saja tampaknya.

Hanya sedikit sekali kasus anak yang melalui kendala, itupun hanya di awal dan sebentar saja. Setelah itu, mereka lancar membaca tanpa salah eja.

Khusus bagi anak-anak yang sudah bisa membaca, lalu mereka tidak menyertakan suara desah 'h'-nya saat menyanyikan huruf-huruf pada lagu fonik, ya.. tidak apa-apa - tidak usah dibetulkan atau disuruh ulang harus sama dengan lagu kami. 

Justru menurut pengamatan kami, itu artinya mereka yang sudah bisa baca sudah sangat paham dan mampu membedakan antara mana bunyi huruf dan nama huruf. Mereka sepertinya sudah paham dan merasa tidak perlu lagi memberikan 'h' dalam lagu fonik setiap membunyikan huruf vokal karena memang mereka aware hal tersebut tidak pernah diaplikasikan ketika mereka membaca kata.

Silakan cek saja kemampuan anak-anak dalam membaca kata-kata yang ada huruf hidupnya, kami percaya.. mereka tidak kesulitan dan sudah benar.

🥰

Salam Hangat dari Ibu Ivy 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar