Selasa, 09 Oktober 2012

Pertemuan Pertama dan Terakhir (2)


Dalam masa-masa duka-nya pun Pak Imam masih terus berharap masih berkesempatan bisa ikut pelatihan Montessori di Rumah Montessori..

Alhamdulillah,  waktunya masih berjodoh. Saya ternyata masih sempat untuk membuat jadwal baru : Program Liburan batch ke-2 Bulan Juli 2012. Ada rasa yang sangat kuat ingin membagikan ilmu ini untuk seseorang yang sangat bersemangat menginginkannya..

Akhirnya pelatihan ini berjalan. Pak Imam, Ibu Ati dan Ibu Citra adalah pesertanya. Pak Imam sampai dari Bandar Lampung pagi hari beberapa jam sebelum pelatihan hari pertama dimulai. Beliau datang bersama kedua putranya – sekalian liburan sekolah.

Beliau sangat bersemangat. Tapi di hari kedua, beliau hanya ikut setengah sesi – hanya sampai jam istirahat makan siang. Beliau izin untuk istirahat karena mendadak pusing. Kelelahan mungkin. Karena menurut ceritanya, beliau sebelum ke BSD juga baru saja memberikan pelatihan di suatu daerah. Benar-benar luar biasa semangatnya..

Esok paginya beliau sudah duduk di teras di RM, dan menulis di beberapa carik kertas nama, no kontak  dan alamat Institusi miliknya.. ternyata untuk dibagikan kepada kami  dan ternyata ini hari terakhir Pak Imam untuk bertemu kami dan bersama-sama belajar dengan kami.

Selang beberapa waktu sebelum kami memulai materi  hari terakhir bagi Pak Imam, kami sempat berkumpul dan berbincang-bincang ringan dan hangat.. Akhirnya beliau harus pulang langsung ke Bandar Lampung dan meneruskan begitu banyak kegiatan yang sudah menanti di sana.

Beberapa minggu kemudian, kiriman SMS dari beliau mulai aktif kembali. Beliau begitu sangat ingin melengkapi dan menyelesaikan materi yang terlewat. Beliau benar-benar setengah memaksa bahwa sebelum bulan puasa tahun 2012 ini ingin bertemu untuk satu hari saja demi berdiskusi materi pelengkapnya. Begitu kuat komitmen beliau untuk menerapkan metoda ini – walau hanya filosofi dan cara me-respect anak saja (belum sampai ke alat-alat Montessori yang lengkap) ..*bentaaarr..hapus air mata yang ngembeng duluu

Saya tunggu kontak dari Pak Imam untuk mengetahui tanggal pasti untuk melanjutkan pelatihan.. Entah mengapa saya pun tidak mengontak dan bertanya duluan ke beliau.. sampai pada akhirnya setelah dua minggu berselang dari SMS beliau yang terakhir, saya mendapat SMS dari no beliau..

Ya Allah.. takdir-mu benar-benar tidak ada yang bisa menolak (sekali lagi saya tulis ini..) sederet kalimat mengejutkan dan menyedihkan terbaca di hp saya : Pak Imam Santoso – bapak yang penuh semangat – bapak yang penuh kebersahajaan ini telah wafat 2 hari setelah setelah SMS terakhir dari beliau untuk saya.. Tertegun saya, sebelum langsung menghubungi istri almarhum..

Innalillaahi..

Selamat jalan Pak Imam.. semoga tenang dalam haribaan-Nya.. Kerja keras dan cita-cita mulia-mu pastilah akan dikenang dan diteruskan..

Ternyata.. Pertemuan pertama kita adalah merupakan pertemuan terakhir.. Terima kasih untuk inspirasinya.. Terima kasih untuk kepercayaan penuh-nya untuk memilih Rumah Montessori sebagai tempat berbagi ilmu.
 
Pak Imam (berbatik merah) semangat mengikuti pelatihan
 
Pak Imam (berjaket coklat) di hari terakhir pelatihan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar