Minggu, 22 November 2020

Pentingnya Rehat Saat Beraktivitas Pada Anak

FALSE FATIGUE 

Berawal dari pertanyaan di kelas kulwap : Tips untuk menerapkan 3 hours workscycle (untuk anak usia 2 dan 4 tahun di rumah) gimana Miss?

Jawaban versi saya cukup seperti ini :

Kalau di rumah dibuat dengan alur seperti keseharian saja Bu.. Karena bagi anak-anak, kegiatan rumah harian juga termasuk belajar dalam Montessori. 

Jangan lupa berikan timing untuk rehat, izinkan anak sesekali rebahan di sofa, santai sejenak bahkan tanpa mengerjakan apapun sebelum memulai kegiatannya lagi. 

Walau anak tampak hanya seperti bermain saat jam aktifitas, percayalah merekapun berpikir dan mengeluarkan energinya. 

Adalah normal jika setiap manusia memiliki titik hilang fokus karena lelah.. 

Di kelas, kami sudah biasa menemukan moment 'false fatigue'.  False fatigue refers to a loss of focus about one hour into the work cycle. The classroom begins to get louder as the students become distracted or hyper. Fasilitator kami pasti senyum-senyum sendiri baca ini .. Seru ya kelas kita.. 

Sudut rehat yang disediakan di kelas seperti sudah menjadi SOP di sekolah montessori. Di Rumah Montessori, kami kerap kali menemukan anak-anak mampir sejenak bersantai lalu kembali bekerja. Senang rasanya mereka mulai belajar paham tentang self-care 🥰

Proses diskoneksi singkat ini penting untuk melatih anak percaya diri, mengembangkan rentang perhatian dan kemandirian serta mengaktifkan indera interception, khususnya temporal perception-nya (merasakan energi fokus bekerja mulai menurun dan butuh istirahat seperti kondisi saat perlu makan minum ketika lapar dan haus ). 

Itu bukan sekedar alarm.. Itu kebutuhan dan hak tubuh kita juga 

Walau memberikan ruang dan waktu, fasilitator harus tetap semangat agar mampu mengembalikan gairah bekerja sekelilingnya 

Mudah-mudahan yang jam #belajardirumah nya panjang, mempertimbangkan hal ini ya..

Remember.. We're just human.. 

#rumahmontessori #paudmontessori #rebahan #homeschooling #falsefatigue #montessoridirumah #montessoripreschool #selfcare #mentalhealth #recharge #humansenses #interception 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar