Minggu, 07 Februari 2016

Mengawali Tahun 2016 di Sorong

Ini tulisan khusus tentang liputan pelatihan awal tahun Rumah Montessori di Sorong Papua Barat. Di tulisan sebelumnya, udah ‘kebaca’ kan ya gimana exciting nya saya bisa terdampar di bagian sangat Timur dari bumi Indonesia. Di tulisan ini akan lebih mengulas kegiatan pelatihannya itu sendiri.

PAUD Cinta Kasih namanya, yang menginginkan adanya update wawasan tentang sistem pendidikan anak usia dini bermetoda montessori. PAUD berlandaskan nilai-nilai Buddhis ini mulia betul keinginannya, bahwa mereka ingin juga bagikan ilmu ini untuk para penyelenggara pendidikan anak usia dini di Sorong. Beberapa perwakilan dari orang tua dan sekolah lain selain tim guru internal PAUD Cinta Kasih turut hadir belajar bersama tentang metoda ini.
Mudah-mudahan semua yang mendapat pengenalan tentang metoda ini menjadi lebih memahami kebutuhan anak usia dini untuk masa-masa tumbuh kembangnya.


Mudah-mudahan pula semakin merasakan betapa pentingnya memberikan pembelajaran berdasarkan role model dan pemahaman yang berlandaskan konsep konkrit kepada anak-anak usia dini.





Bersyukurlah bagi penyelenggara pendidikan yang mempunyai lingkungan pembelajaran yang kaya akan material-material alam di sekelilingnya. Karena dari alam sekitar lah kita bisa memberikan banyak pembelajaran yang lebih nyata dan dekat kepada kehidupan sebenarnya. Ilmu dan materi pembelajaran yang disediakan alam sungguh lebih cepat dan mudah dipahami oleh manusia yang merupakan bagian dari alam semesta itu sendiri.
Senang sekali di Sorong ini banyak sekali daerah-daerah pesisir pantai sekaligus tersedianya lahan-lahan kebun dan peternakan yang menghasilkan banyak sekali sumber kehidupan bagi manusianya. Aset besar dan potensial untuk diberdayakan sebagai bahan pembelajaran, agar para individunya semakin mencintai dan lebih mengutamakan kelestarian alam hayatinya agar manfaatnya tiada pernah habis dan terhenti hanya karena terkikis budaya yang makin mengabaikan sumber daya alam. Kalau bukan dari alam, akan dari mana lagi manusia dan makhluk hidup lainnya bertahan hidup? *btw, semangka kuning hasil panen langsung dari kebunnya : manis banget J


Di PAUD Cinta Kasih ini, semoga menjadi tempat bermulanya sistem pendidikan yang berpijak pada me-manusia-kan manusia dan individunya selalu siap untuk kembali ke alam J


Terimakasih tim PAUD Cinta Kasih, mudah-mudahan bisa menebarkan inspirasi lebih luas lagi di Bumi Timur Indonesia.
Terimakasih sudah menculik saya mengelilingi bagian-bagian indah dari kota Sorong yang kemana-mana kok dekat ya hehe..




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar