Selasa, 30 Oktober 2012

Trip Pertama Keluar Pulau Jawa untuk Berbagi Montessori

Ke Samarinda jadi..?? Woohoo… serunya

Inilah pertama kalinya saya akan terbang sendiri ke wilayah yang sama sekali belum pernah dikunjungi.. Kalimantan Timur..  untuk keperluan pelatihan Montessori di Sekolah Budi Bakti Samarinda.

Hari H-nya pun tiba.. mulai dari diantar anak-anak ke pool travel sampai akhirnya tiba di Bandara Cengkareng.. hmm.. travelling euy!

Aah lancar lah proses di Bandara, tapi tetep kena delay pesawat L

Saya akhirnya terbang juga.. sampai Balikpapan sekitar jam 8 malam.. sudah dijemput oleh tuan rumah di sana.. Hihiihi.. di Kalimantan euy.. Lalu kami berangkat menuju kota Samarinda malam itu setelah makan malam di Bandara Sepinggan. Butuh waktu 2,5 jam ternyata..dengan kondisi jalan yang menurut saya seperti medan jalanan dari Banjar menuju Pangandaran lah.. tapi malam itu supirnya memang sungguh sungguh luar biasa bawa mobilnya..ck ckck.. hebaatt.. sampai-sampai 2 guru Budi Bakti mabuk darat semua..

Sampailah saya di penginapan yang sudah disediakan..pukul setengah 12 malam.. bersih-bersih lalu berbaring di atas tempat tidur.. sulit tidur karena banyak faktor :D

Paginya saya dijemput oleh Ibu Liliana yang sebelumnya intens kontak-kontakan dengan saya saat persiapan pelatihan ini. Kami sarapan di dekat rumah Ibu Lili, menu-nya Soto Banjar – teh manis hangat – penganan kecil khas yang dibuat dari talas (keladi).. setelah sarapan.. saya menikmati pagi hari pertama di kota ini.. dan mulailah pelatihan.. Sekolah Budi Bakti bersiiihh.. resik J

Malam hari kami makan malam di seafood..kepiting dan tumis pakis serta kelapa muda.. dan istirahat di malam kedua ini jauh lebih baik dari hari pertama..

Hari kedua pagi, sarapan kami adalah tempat yang sama seperti kemarin. Ada menu yang ingin dicoba yaitu nasi kuning – ikan gabus – teh manis hangat – penganannya kue apam.. Lanjut lagi pelatihan bersama tim kuning hari ini (seragam yang dikenakan para guru Budi Bakti)

Senangnya setiap pelatihan di sini selalu mendapatkan pertanyaan-pertanyaan antusias dari para guru..sehingga waktu kadang terasa cepat sore..

Malam nya kami ke sebuah restoran masakan Jepang.. ketua yayasan & tim manajemen mengadakan makan malam bersama.. Menyenangkan..

Esok paginya, sarapan mie dan teh lagi J lanjut pelatihan.. dan siangnya berkunjung ke SD dan SMP Budi Bakti serta viharanya. Besar, cukup mentereng, luas dan -lagi-lagi- bersih adalah kesan saya untuk gedung sekolah ini. Oya sebelumnya kami makan siang cotto Makassar bersama Ibu Kepsek SD dan SMP.

Sepulang pelatihan saya request sama Bu Lili bahwa saya ingin langsung ke penginapan sambil membawa serta makan malam saya.. mau packing nii.. dan mau istirahat lebih banyak hehehe..

Hmm..hari terakhir..yang pastinya akan banyak meninggalkan kenangan di kota sungai Mahakam dan Karang Musmus.. Oleh-oleh pun tak lupa dibeli..kuku macan ikan pipih Mahakam..

Last day @ Samarinda..  bersarapan di tempat biasa..makan nasi uduk dan penganan..nengok anak anjingnya Ibu Lili dulu di rumahnya.. hehe..

Sampai di sekolah..waaa..foto session pun dimulai hehe.. senangnya..dan ada beberapa orang juga yang baru bisa ikut hadir dalam pelatihan ini, salah satunya sang bikhu..

Walau tak sempat lama ikut dalam sesi pelatihan Matematika ini, saat istirahat kami sempat berbincang singkat dan.. Alhamdulillah..beliau ternyata terkesan dengan metoda ini dan ingin agar saya bisa memberikan pelatihan serupa bagi guru-guru di Singkawang Kalimantan Barat.. *mauuu..hehe.. Senang aja rasanya bisa berbagi lagi di daerah lain..

Baiklah..sesi pelatihanpun berakhir..huhuhu.. :’) banyak kata-kata perpisahan yang disampaikan dan membuat saya terharu biruu.. kenang-kenangan pun diberikan.. foto-foto pun terus berlangsung.. nyanyian perpisahan  pun didendangkan.. senangnya.. harunya.. sedihnya..

Tapi tiba waktunya untuk benar-benar berpisah karena jadwal penerbangan sudah semakin dekat dan sang penjemput   sudah siap.. mereka bilang : Kalau sudah minum air Mahakam, pasti akan kembali lagi ke Samarinda.. Baiklah.. saya tak akan menolak J

Selamat tinggal Budi Bakti.. semoga tetap terus bisa jadi sekolah unggulan yang selalu mencetak generasi-generasi handal..

Salut untuk kalian : Respect .. Unity in Diversity..

Duduk di mobil yang membawa saya ke Bandara Sepinggan.. memunculkan banyak rasa..  antara masih belum puas berkeliling.. masih ingin bersama teman-teman baru dari Budi Bakti dan sudah rindu orang rumah terutama anak-anak .. Lain waktu, baiklah..

Akhirnya sampai juga di Balikpapan.. Bandara.. lagi-lagi.. delay.. Jalan-jalan dululah seputaran Bandara.. lalu terbang pulang menuju Cengkareng dan BSD..

Sampailah sudah di rumah.. dengan membawa begitu banyak kenangan dan pengalaman tak terlupakan.

Mahakam.. I’ll be back.. ho hooo..