Selasa, 08 Desember 2020

Pentingnya Merawat Diri Untuk Persiapan Belajar Anak

SELF CARE

Video paparan lengkap materi 'Melatih Anak Mengurus Diri Sendiri' bisa disimak di link : https://youtu.be/VjhO4TwBx3w 


Judul kegiatannya mah simpel : mandi dan pergi. Saat dikerjakan pun seperti alam bawah sadar yang melakukan, karena saking sudah sangat terbiasanya kita mengulang ratusan ribu bahkan jutaan kali (ukuran pengalaman orang dewasa).

Tapi bagi individu anak usia dini yang baru memulai pembiasaan urus diri secara mandiri ini, ternyata.. latihan mereka padet banget ya materi dan urutan kerjaannya. Mereka masih belum seterampil kita.. Masih harus pake mikir urutan langkah kerjanya agar semua berjalan baik. Kadang mungkin anak akan kelewat cek suhu air (kedinginan deh), lupa basuh tangan penuh sabun buat ngusap muka (perih mata deh), gak inget harus basahin rambut dulu sebelum diberi shampoo (gak berbusa deh) malah mungkin ada juga yang masih pakai baju utuh udah langsung buka keran shower (yang ini mah dia hepi kali.. berasa ujan-ujanan ). Tapi ya begitulah.. It's a true story, right? Jadi.. gak mungkin kegiatan harian sederhana ini saat dilakukan di awal-awal kehidupan belajarnya si anak gak pakai mikir. Semua pasti ada proses planning, organizing, sequencing, systematical and logical thinking, problem solving.

Nggak ada yang 'asal' untuk tahap urus diri secara mandiri ini bagi si kecil.

Begitupula dengan kegiatan pergi.. Di gambar compic lumayan panjang juga ya sebetulnya proses belajar si anak untuk sekedar melaksanakan aktivitas 'pergi'. Mulai persiapan, mengatur, mengurut pekerjaan, logika berpikir dan penyelesaian masalah.

Gitu deh ceritanya.. Kegiatan primitif ini ternyata bantu banget proses berpikir dan bekal belajar juga ya, selain buat survival.

Notes : compic = communication pictures (kartu gambar di postingan ini) biasanya digunakan dalam terapi okupasi bagi individu yg punya keterbatasan & hambatan khusus di verbal, focus, lack eye contact, attention disorder high level, dll untuk membantu mereka berlatih mandiri urus diri. Setiap urutan kerja ditunjukkan satu-satu lewat gambar karena mereka bermasalah di perencanaan gerak & sistematika berpikir.

Individu yang tanpa masalah ini : tidak perlu kartu compic.

#rumahmontessori

#selfcare #sequencing #logicalthinking #learningprocess #independentchild #anakusiadini #practicallife #lifeskillsforkids

Tidak ada komentar:

Posting Komentar