Sabtu, 21 November 2020

Pengenalan Konsep Magnet untuk Usia Dini di Montessori

Nama material montessori : MAGNET

Video tutorial : https://youtu.be/A_Yld71gJks

Buku petunjuk praktek kerja : Ivy Maya Savitri., 2019., Aktivitas Montessori Ilmu Alam dan Matematika., Cikal Aksara., Hal : 42. 


Gak heran kalau ada aja anak yang gak tertarik menyimak guru saat cara mengenalkan subjek 'magnet' cuma nyuruh kita lihat teks book, papan tulis sama nyatetin semua paparannya. Ketika mungkin beberapa anak dalam alam pikirannya mempertanyakan tentang : 

Apakah betul hanya logam yang dapat ditarik magnet? 

Apakah betul magnet bener-bener nolak benda non logam? 

Aku ingin lihat buktinya tentang teori bahwa betulkah magnet bisa bikin benda tertentu tertarik padanya? dst   

Dan.. biasanya dengan jalan pintas orang dewasa akan bilang : "Menurut teori di buku ya seperti itu, tolong dibaca dan diingat-ingat saja ya apa kata buku tentang benda-benda apa saja yang dapat ditarik magnet dan tidak karena nanti keluar di ulangan. Jangan sampai banyak salah dan dapat nilai jelek kalau mau naik kelas".. krik.. krik..    

Anak-anak yang sedang tinggi rasa ingin tahunya itupun hanya bisa sampai membayangkan saja secara abstrak lewat gambar dan foto di buku serta pasrah menerima saja semua teori itu. Padahal, tidak ada yang salah dengan kebutuhan hadirnya bukti konkrit sebuah teori. Supaya anak paham dan benar-benar memperoleh ilmunya. 

Aah.. Sudahlah.. Klik link ini https://youtu.be/A_Yld71gJks Simak saja video tutorial kami tentang magnet disana, siapa tahu belajar mengenal magnet di tahap awal pada anak usia dini akan menjadi lebih menyenangkan 🥰 Happy watching and learning!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar