Kamis, 26 November 2020

Alat Montessori VS Mainan Biasa untuk Anak

MONTESSORI OR TOYS


Sharing sedikit materi diskusi kulwap tadi siang bersama @circlo.parenting ya.. 

Ibu Peserta : Miss Ivy mau tanya, better mainannya sesuai yang ada di rumah? Atau harus mainan montessori?

Ini mah jawaban sederhana versi saya dari Rumah Montessori aja ya :

Sesuai kemampuan ya Bu .. Jangan memaksakan. 

Material montessori memang banyak kelebihannya tapi bukan berarti alat peraga edukasi atau mainan edukasi lainnya useless.. (dan bukan juga satu-satunya material stimulasi tumbuh kembang dan belajar anak). 

Keberadaan mainan edukasi di rumah atau di alam, pakai dan berdayakan saja semaksimal mungkin untuk membantu stimulasi dan belajar anak.. 

Yang paling penting dilakukan adalah mencari tahu banyak untuk memahami tujuan & fungsi dari semua material mainan atau kegiatan yang diberikan kepada anak..

Sayang rasanya, kalau punya alat montessori banyak tapi pengetahuan minim tentang fungsi dan tujuannya.. Mending dibalik, punya alat sederhana rumahan atau memanfaatkan sumber daya alam sekitar, tapi kita paham betul tujuan aktifitas itu untuk anak kita apa.

Dan kalau keukeuh Montessori ini tetep mau dibawa-bawa, rasanya cukup ya serap dan terapkan filosofi Montessorinya aja dulu secara konsisten di keseharian   

Happy weekend 

#rumahmontessori #mainanedukasi #metodamontessori #montessori #montessoriathome #montessoriuntukindonesia #montessoridirumah #neverstoplearning

Tidak ada komentar:

Posting Komentar