Sabtu, 01 Juli 2017

Guru Rumah Montessori itu (harus) KEREN


Salah satu syarat untuk terjun ke dunia Pendidikan Anak Usia Dini adalah memiliki pengetahuan yang memadai tentang anak usia dini itu sendiri. Terutama seorang tenaga pendidik. Tenaga pendidik anak usia dini sepertinya harus mempersenjatai dirinya lengkap dengan keilmuan yang dibutuhkan dalam menjalani profesinya.

Rumah Montessori berupaya sangat agar para fasilitatornya memiliki keterampilan yang memenuhi syarat untuk itu selain dari skill metoda Montessori. Rumah Montessori pun ingin agar para fasilitatornya mendapat energi positif dengan melabeli dirinya : jadi guru PAUD itu keren!
Keren? Ya.. keren tentu, karena para fasilitator Rumah Montessori mau agar institusi ini benar-benar komit pada visi misi yang didukung oleh tenaga fasilitator di lapangan yang handal dan paham benar akan posisi-nya. Keren, karena fasilitator anak usia dini itu haruslah seorang yang siap menjadi : ibu, pengajar, fasilitator, manajer, perawat, dokter anak, pengasuh, teman bekerja dan bermain yang menyenangkan, ahli gizi, terapis, psikolog, konsultan, observer, penjaga keselamatan, asesor, EO, sampai pada level pelayan yang siap membantu saat anak membutuhkan dan petugas kebersihan handal. Lengkap!

Untuk meningkatkan keterampilan kami agar bisa sampai di tahap ‘siap’ menjadi pendidik anak usia dini dengan kualifikasi yang excellent, tim fasilitator Rumah Montessori alias semua komponen staf Rumah Montessori mengikuti rangkaian program sertifikasi Pendidikan Anak Usia Dini (Early Child Educator Program) di Pusat Pelatihan Rumah Aruna Serpong yang dibimbing oleh instruktur handal berpengalaman, hangat dan ‘humble’ : Ibu Eva Sidabutar beserta tim.
Program yang kami ikuti adalah sebagai berikut :












si orang sakti mandraguna tentang pendidikan.. #evasidabutar




Inilah foto kegiatan kami selama ikut pelatihan. Walau program berjalan intensif setiap hari dari pagi hingga sore hari, tapi pelatihan ini bisa dikemas dengan cara yang menyenangkan, hangat, inspiratif, menantang, tidak boring dan mampu memberikan energi positif kepada setiap pesertanya. Bahagia rasanya mendapat respon dari para guru tentang manfaat positif dari pelatihan panjang ini.

Terimakasih Ibu Eva Sidabutar dan tim pelatih lainnya.. ilmu yang dibagi akan membekas sepanjang masa. Terimakasih telah menjadikan kami – para guru Rumah Montessori berproses menjadi ‘guru PAUD yang keren’! Kami semakin siap berada di dalam jejaring ke-PAUD-an J

Mudah-mudahan kami dapat amanah menjalankan kualifikasi yang baik ini sehingga dapat semakin dipercaya menjalankan semua visi misi pendidikan Indonesia yang lebih baik.




3 komentar: