Senin, 13 Januari 2014

Mengeruk Kenangan Tentang Bandung

Ini oleh-oleh liburan akhir tahun sebetulnya.. hahaha.. bukan oleh-oleh ding, lebih tepatnya sesi mengarang tentang liburan *jaman SD dulu hari-hari pertama masuk sekolah saat mata pelajaran Bahasa Indonesia selalu disuruh mengarang tentang liburan. Kalau yang namanya mengarang sebetulnya bukan true story juga sah-sah aja yaa..kan 'ngarang'..*

Tapi yang sekarang mau ditulis di blog ini true story kok J Liburan akhir tahun 2013 kemarin kebetulan dihabiskan di Bandung bareng keluarga. Di antara beberapa acara jalan-jalan yang udah diagendakan, terselip agenda ‘egois’ si saya untuk liburan di Bandung kali ini. Yang masuk dalam daftar agenda ‘egois’ saya kali ini cukup lah dua saja : menikmati yamien baso Linggarjati di Jl. Balonggede Alun-alun dan menyusuri alias napak tilas daerah Alun-alun dan sekitarnya.. Poin yang kedua sebenernya lebih ke rasa penasaran aja.. Mau sidak  dan ngecek hasil kerja-nya Walikota baru (halaaggh..) Kang Emil yang katanya ‘sukses’ permak sana sini sehingga daerah Alun-alun dan sekitarnya katingali geulis deui..(kelihatan cantik lagi)

Hasilnya..

Menikmati yamien baso di Balonggede : done! Walau tadinya ingin berdua aja sama mantan pacar, tapi karena kita langsungan dari Kebun Binatang Tamansari, jadilah berombongan.. Tapi seru juga.. Paling tidak si anak-anak diajak ke salah satu tempat kuliner bersejarah di Bandung. Saat saya sedikit bernostalgia dan berkata pada anak kedua saya : “ Dulu ini tempat jalan-jalannya mami waktu kecil sama papa-nya mami.. “ Si anak kedua malah balik bertanya heran : “ Emang dulu mami bukan mami-mami? Kok mami punya papa? Kaya Gavin aja punya papi.. Berarti mami jadi anak-anak dong kaya Gavin.. “ *tepok jidat sedikit aah.. euleuh..

Harga yamien baso di Balonggede ini kalau dipikir-pikir terhitung mahal juga (makanya lebih baik ga dipikir-pikir deh..namanya juga pingin menikmati).  Setuju aja laah.. karena selain beli makanannya kita juga beli sepaket dengan ‘sejarah’nya.. hehehe *biar ga sakit ati

Untuk agenda egois yang lainnya : napak tilas Alun-alun. Dari awal emang pinginnya ngejajal sendirian aja. Karena tanpa ditemani, saya merasa bisa lebih all out.. lebih bebas.. lebih lepas merasakan kenangan-kenangan saya bersama lokasi ini. Tapi, saya sempat mencoba mengajak salah satu teman kuliah dan dia sebagai warga Bandung yang tidak punya kepentingan ke daerah sana *emang saya punya kepentingan ya? Haha.. ngga juga..* tidak antusias merespon.. Ya sudahlah..berarti memang harus dinikmati sesuai dengan rencana awal J

Rute yang diambil dimulai dari perempatan Ahmad Yani, angkutan umum yang saya pilih adalah bis Trans Bandung. Eaa..akhirnya ngerasain juga.. adem.. Awalnya berdiri dan dapet duduk menjelang hotel Savoy Homann. Berhenti tepat di halte Alun-alun.. hmmm.. PKL-nya udah mulai menyusut banyak.. tinggal satu dua yang masih mangkal dekat-dekat Masjid Agung pada saat itu. Yeaa.. Paling ngga halaman depan masjid udah keliatan ‘muka’nya. Jalan yang pertama disusuri adalah area Asia Afrika.. Area pejalan kaki tampak bersih, PKL yang tersisa adalah beberapa penjual kalender dan uang jaman dulu. Kantor Pos Besar masih berdiri megah..
 


 

Toko Jayagiri, Cobra Optical.. duh inget banget dulu jaman SMP merk tas ini lagi beken-bekennya bersaing keras dengan Alpina.. Di toko ini juga semasa SMP saya dan teman-teman mendapat sponsor barang untuk bazar. Sekarang.. lihatlah kondisinya.. tokonya gelap gulita, kosong tak terurus :(


Optik Italy masih ada.. Toko kain.. Toko sepatu.. Kalau lihat dari dekat toko mereka sepi pengunjung.. Entahlah.. memang saat itu saja atau setiap hari?
 
 
Asia Afrika Plaza yang sempat booming saat grand opening-nya.. dan pernah menjadi salah satu icon penting  se-Bandung, sekarang jadi hotel yaa..




Tujuan berikut setelah menyusur Asia Afrika adalah area Dalem Kaum yang bisa ditembus dari Asia Afrika melalui sebuah pasar.. *lupa nama pasarnya, apakah Pasar Kota Kembang atau bukan..*

Sayapun masuk ke dalam pasar tersebut.. Yang ini masih seperti dulu. Pasarnya masih ramai oleh orang-orang, tapi entah itu ramai oleh para penjual atau pembeli. Pokoknya saya menemukan keramaian layaknya pasar di tempat ini. Pasar ini menjual kebutuhan fashion : baju, tas dan kebanyakan sepatu.
Keluar dari pasar, tibalah saya di Dalem Kaum. Tampak Toko sepatu Sinar Terang, Merlin, Parahyangan Plaza (remember Takara? Hmm..)
dan Yes! Kings..


Saya masuk ke area pertokoan Kings.. kenangan saya dengan toko ini mulai membuncah. Dari mulai jaman SMP sering beli jepit dan pita, jalan-jalan sama ortu, tempat belanja mata saat kuliah dan awal-awal kerja dll. Masih seperti dulu tapi jauh lebih banyak outlet baju-nya sekarang.
Seperti anak kecil yang belum puas mengeksplor, setiap sudut area ini saya jajal, seperti ga pingin dilewatkan..
Memori, kenangan dan nostalgia yang bermain di otak saya, saya biarkan ter-upload sepuasnya.. ter-recall sebanyak-banyaknya. Untung gak ditemani siapapun.. kalau ditemani, bisa pengsan dia ngikutin alur arah kaki saya yang berjalan berantakan-tak menentu arah tujuan hahahaa..

Puas di Kings, saya mencari jalan penghubung ke Matahari Kepatihan. Masih ada.. Keluar dari Matahari, inilah pemandangan Jl. Kepatihan. Jalannya sudah menjadi dua arah, karena area-nya udah ngga penuh sesak lagi dengan PKL.. Okelah kalau begitu..



 
Hasil kerja Walikota cukup baik, PKL berlapak besar memang berkurang banyak. Yang masih berseliweran adalah pedagang asongan. Tempat-tempat duduk dan taman-taman mini di seputaran Alun-alun pun kini mudah kita temukan. Semakin BER-HI-BER memang.. namun sayang, para warga masih belum sepenuhnya menghargai usaha bagus ini. Sampah masih saja menjadi masalah perusak keindahan dan taman-taman mini itu pun mulai ditemani sampah-sampah kecil L

Waktunya pulang dan memenuhi janji lain setelah puas di Alun-alun. Saya harus ke arah Banceuy menemui teman baik semasa kuliah. Jalan yang ditempuh pertama kali datang pun dipakai lagi. Dengan menggunakan jembatan penyebrangan di dekat Kantor Pos, masih sempat ambil sedikit gambar..




Senang bertemu denganmu lagi Alun-alun.. Senang bisa mengulik banyak tentangmu dengan waktu yang tidak sempit.. Terimakasih sudah menjadi bagian kenangan hidupku.         

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar