Jumat, 03 Juni 2011

Be yourself and Be the best of yourself

Dulu..
Jaman-jamannya baru lulus kuliah S1, buatku : happy, bangga, seneng.. sekaligus bertanya-tanya 'what's next?'.. Dengan IPK yang lumayan dan semangat yang masih tinggi, optimis banget bakalan dapet gawean..
Apa aja deh.. yang penting ngalamin kerja dan dapet duit hasil keringat sendiri.. Dapet? Dapet doongg.. Happy? Happy dong.. Walaupun di sebuah institusi yang cukup berkembang tapi gak sebesar perusahaan multinasional.. Semuanya dilalui dengan fun karena masih 'gelayutan' sama ortu.. duit hasil kerja ditabung dan kadang dikeluarkan buat sedikit hal berbau 'konsumerisme' :)

Hampir setahun kerja, ngeliat temen-temen.. kok pingin juga ya kerja di perusahaan bonafid, terkenal, beken, absolutely settle deh! Soal gaji? beuuu... udah jelas harusnya worthed dong ya.. ada yang kerja di bank nasional papan atas, perusahaan sabun-shampoo merek-merek terkenal yang logonya huruf 'U' ada di setiap kemasannya atau perusahaan besar saingannya yang logonya familiar huruf 'P' dan 'G', perusahaan telko yang warna merah, biru, kuning, hijau.. busyeeettt.. belum lagi nama-nama perusahaan makanan selevel perusahaan berlabel bla bla bla Food dll..
Yaay!! orang-orang itu hebat banget yaaa... gaji-nya bisa berlipat-lipat ganda dari aku.. and bangga pastinya bisa jadi bagian dari big corporate seperti itu :))

Renung.. merenung.. sehabis cabut dari tempat kerja pertama dan udah ke-PD-an bakal dapet kerjaan lagi tapi ternyata.. oh ternyata.. tidak mudah :'(
Lumayan lama nge-hang dari dunia kerja.. jiaahhh...
Selagi ngonsep tentang diagram alur tujuan hidup, tiba-tiba aku kepikiran pingin banget ya jadi guru.. tapi gak mau dosen.. gak mau juga nge-guruin orang-orang yang udah gede-an.. gak PD!.. Apalagi bawaan body udah imut and cute beginih.. hahahaha... yang ada ntar aku yang dikira muridnya.. males banget dehh.. kalo murid-muridnya pada ngelunjaakk..
Akirnya yang paling bisa aku handle jelas anak kecil duoonnkk... pingin jadi guru preschool deh..

Heuheuy.. dasar udah jalannya, lancar banget dah kalau cita-cita udah dari dasar hati mah.. karena aku yakin itu adalah motivasi terbesar untuk mengejar mimpi-mimpi kita.. percayaaa..
Jadi.. terdamparlah aku di (salah satu) tempat yang terindah dalam hidupku.. tempat dimana aku ber'aktivitas' sepenuh jiwa raga dan hatiku jie jie jie.. gak tega rasanya kalau aku pakai  istilah 'bekerja' karena aku tidak merasa bekerja di sana.. tapi ber'aktivitas'.. bekerja iya.. belajar iya.. berkarya iya.. bermain iya.. bersosialisasi iya.. bersenang-senang juga iya lho! nah kan.. lengkap!
Saking tambah jatuh cinta-nya sama profesi dan kegiatanku yang ini.. akhirnya lupa deh kepinginan untuk jadi 'pegawe' kantoran or staff di perusahaan-perusahaan yang bikin sirik tadi hehehe...
Jadinya malah punya obsesi lain yang datangnya bersumber dari aktivitasku tadi.. Ketemu dengan banyak orang-orang yang banyak kasih inspirasi.. Keinginan dan cita-cita tambah kuat..
Kalau kita mau, memang selalu ada jalan..
"There's a way if there's a will", kata mantan pacarku yang terakhir ;) (salah satu my inspiring man)
Satu per satu mimpi dan cita-cita dapat diwujudkan.. Alhamdulillah..

Sampai dipertemukan dengan momen sekarang-sekarang ini.. ternyata yang kujalani dengan 'hati' tadi berbuah hasil yang bisa memberikan the best reward tersendiri dalam hidup aku..
Tidak usah harus mengejar apa yang orang lain dapatkan, atau menjadi apa yang telah orang lain raih..
Tapi jadikan semua itu menjadi salah satu penyemangat..
Rasanya kita semua punya jalan masing-masing..
Sungguh,
pernah jadi full time mother pun aku bangga,
pernah jadi staff kantoran pun aku bangga,
pernah jadi staff relawan di warung sendiri pun aku bangga,
pernah jadi guru preschool pun aku bangga...
Apalagi sekarang, rasanya bisa berbagi ilmu untuk tujuan peningkatan kualitas pendidikan di negara ini (walaupun kecil andilnya).. aku tetap bangga.. bangga menjadi diri sendiri..

Just be the best of yourself..
(Montessori Philosophy in my life : No reward No punishment and merely help the children to be the best of themselves)

Just be yourself and no matter what they say..
(I love Sting!)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar