MONTESSORI ITU (katanya) BEGINI… MONTESSORI ITU (katanya) BEGITU… Bagian-5
Seri belajar (lagi) tentang metode montessori PAUD
Menanggapi beberapa pendapat (terutama yang kontroversial) terhadap Metode Montessori – khususnya level PAUD
(semua tanggapan ini dibuat berdasar pendapat dan pengalaman pribadi penulis - 23 tahun di dunia montessori - dan referensi buku : The Essential Montessori by Elizabeth Hainstock)
· Apakah
anak yang mengenyam pendidikan usia dini di prasekolah Montessori dapat
beradaptasi baik secara sosial dan akademik di sekolah-sekolah umum
(konvensional)?
Menurut
pendapat pribadi, semua individu yang menjalani kehidupan baru pasti akan
mengalami masa-masa struggle
(berjuang), namun sudah kodratnya manusia diciptakan memiliki kemampuan juang
serta beradaptasi yang tinggi untuk survive
(bertahan hidup) di manapun. Cepat lambatnya seseorang menyesuaikan diri
bergantung pada banyak hal : individu, lingkungan dan dukungan orang sekitar.
Manusia pada dasarnya adalah makhluk pembelajar dan mumpuni (punya potensi
kemampuan). Jadi, selama tidak ada faktor penyulit yang khusus, tidak ada yang
perlu dikhawatirkan mengenai anak yang akan melanjutkan ke sekolah manapun
selama dia mendapat pendampingan dan dukungan positif dari sekitarnya. Mereka
akan mampu mengikuti pola, aturan main dan semua ketetapan yang berlaku di
tempatnya berada. Banyaklah berkomunikasi dengan anak dan pihak sekolah untuk
memberikan petunjuk-petunjuk dan informasi yang berguna agar kedua belah pihak
saling mengenal dan paham sehingga proses rangkaian belajar mengajar dapat berjalan
dengan baik sesuai harapan.
Adalah
merupakan hal biasa dalam hidup jika kita bertemu dengan hal-hal yang berbeda
dengan pengalaman sebelumnya, baik itu yang menyenangkan maupun tidak, namun
tetap harus dijalani. Pengalaman ini sangat baik untuk bekal kita menjalani
kehidupan berikutnya karena kita akan makin terbiasa dan terampil dengan adanya
keragaman pengalaman ini.
· Montessori
itu (katanya).. Metodenya sudah ketinggalan zaman dan tidak sesuai dengan pendidikan
zaman sekarang
Menurut
pendapat pribadi, makin ke sini justru makin booming khususnya di Indonesia.
Pendidikan karakter serta muatan pembelajaran akademiknya makin dirasakan
relevan dengan kebutuhan zaman sekarang dan makin dirasakan banyak manfaat
baiknya. Sistematika pengajarannya mudah diterima dan dipahami secara logika,
sesuai dengan kondisi negara-negara berkembang - seperti negara kita salah
satunya - yang sedang mulai melakukan banyak perubahan untuk menciptakan
generasi masa depan yang lebih baik.
Semua teori pemikiran berbasis pendidikan tidak akan pernah lekang oleh waktu karena prinsip dan dasar-dasar pemikirannya selalu ditujukan kepada kebutuhan dan fitrah atau kodratnya manusia. Selama kodrat dan fitrah manusia tidak berubah, maka metode buah pemikiran para ahli pendidikan ini akan masih bisa berlaku untuk di kehidupan mendatang. Yang lebih diperlukan adalah kemampuan manusia untuk selalu fleksibel dan siap dengan segala modifikasi dan bentuk-bentuk pengembangan baru yang dilakukan untuk adaptasi dan bertahan.
Bersambung ke bagian-6 (Selesai).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar