Nama material montessori : SEGUIN BOARD A - KOTAK SEGUIN A BELASAN 11-19
Video tutorial : https://youtu.be/EKork8OT3XQ
Buku petunjuk praktek kerja : Ivy Maya Savitri., 2019., Aktivitas Montessori Ilmu Alam dan Matematika., Cikal Aksara., Hal :59 - 63
Anak-anak belajar melalui pola. Ketika mereka menemukan hal yang berulang pada sebuah konsep, lalu anak membuat kesimpulan cara mengenali sebuah materi baru versi dirinya artinya anak sudah menemukan pola untuk memahami konsep tersebut. Seperti mengenalkan konsep belasan. Bagi anak yang baru dikenalkan tahap ini, akan lebih mudah jika mereka sudah menguasai : kuantitas 1-10 beserta angka atau simbolnya dan kenalkanlah hanya 11 sampai 19 saja.
Tidak perlu bawa 20 seperti yang banyak kita temui di
buku-buku matematika yang selalu membagi tahap pengenalan berhitung seperti ini
: 1-10 lalu lanjut ke 11-20.
Kenapa 20 gak diajak dalam konsep pengenalan belasan?
Jawabannya simpel : 20 adalah dua puluh, dia bukan belasan,
tidak masuk kelompok 'belasan' karena tidak ada kata belas.
20 sudah jelas masuk kelompok puluhan.
Maka, kalau disimak di video kegiatan pengenalan belasan di
YouTube channel rumahmontessori kami ini akan tampak bahwa pengenalan belasan
dimulai dari 11 (sebelas) dan berakhir di 19 (sembilan belas).
Jelas sekali memudahkan anak mengingat keseluruhan konsepnya.
Mulai dari mengenal kuantitas jumlah konkritnya melalui
biji-biji (beads) di video Part 1, anak melihat ada pola yang selalu sama
disana yaitu : belasan itu selalu punya 1 baris biji emas (golden beads) untuk
kuantitas 10 atau sepuluh dan biji berwarna warni (color beads) untuk kuantitas
1-9 atau satuannya.
Kuantitas berupa biji-biji ini dikenalkan duluan sebelum
angka, agar anak paham : belasan itu selalu terdiri dari sepuluh dan
satuan.
Sehingga ketika masuk ke video Part 2, saat mengenalkan
angka mereka akan paham bahwa di simbol belasan selalu ada angka 1 depan itu
adalah sepuluh bukan 1 satuan.
Anak-anak yang baru mengenal belasan ini bisa lebih mudah menyimpulkan dan cepat paham bahwa belasan ini : 11, 12, 13, 14 dst punya ciri khas selalu memiliki angka 1 di depan dan itu maknanya sepuluh serta selalu ada angka lain yang menyertai di belakangnya sebagai satuan.
Dan setiap menemukan angka dengan ciri khas tersebut, mereka hanya tinggal melihat angka satuan di belakang lalu menambah kata 'belas'.
Semoga jelas ya, kenapa si 20 gak masuk geng belasan..
Materi yang dikenalkan secara bertahap dan berulang ini akan memudahkan anak mengerti tentang belasan secara utuh, mulai dari konkrit seberapa banyaknya sampai penulisan identitas simbol (angka) nya.
#rumahmontessori #tutorialmontessori
#montessoriformultipleintelligences #aktivitasmontessori
#matematika #decimals #montessoriuntukindonesia #materibelajarpaud
#belajarbelasan #mathisfun
Tidak ada komentar:
Posting Komentar