Nama material montessori : TONGKAT MERAH - RED RODS (LONG RODS)
Video tutorial : https://youtu.be/enFWomY2DBo
Buku petunjuk praktek : Ivy Maya Savitri., 2019., Aktivitas Montessori Stimulasi Indra dan Bahasa., Cikal Aksara., Hal : 11
Yang ini kegiatannya adalah melatih visual, tactile, sensorik motor untuk konsep panjang pendek. Kegiatan long rods atau red rods atau tongkat merah ini persiapan belajar untuk matematika.
Mengenalkan konsep panjang pendek di awal sering juga
diberikan kepada anak-anak lewat worksheet atau lembar kerja dimana anak-anak
hanya disuruh lihat lalu beri tanda mana benda yang panjang atau benda yang
pendek, tanpa ada gerakan otot motorik yang merasakan kayak apa itu panjang dan
apa bedanya dengan pendek.
Di kegiatan ini justru anak akan diberikan pengalaman nyata
tentang panjang pendek lewat seluruh indranya. Mereka bisa paham arti 'panjang'
saat memegang tongkat yang paling panjang yaitu lewat gerakan otot tangannya
yang mampu merasakan durasi waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan
perabaannya dari ujung tongkat ke ujung lainnya ternyata lebih lama daripada
tongkat yang pendek untuk konsep 'pendek'.
Konsep panjang pendek ini merupakan konsep paling dasar
untuk menanamkan pemahaman terhadap jumlah lebih banyak - lebih sedikit dalam
matematika nanti (khususnya di kegiatan tongkat angka atau number rods). Bukan
hanya itu saja, dari memahami panjang pendek secara konkrit lewat tongkat merah
inipun, anak-anak akan dipersiapkan untuk memahami konsep waktu 'lama' (=
panjang) dan 'sebentar' (= pendek).
Tonton video lainnya di YouTube channel rumahmontessori ya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar