Jumat, 20 November 2020

Kenalkan Panjang Pendek Untuk Persiapan Matematika

Nama material montessori : TONGKAT MERAH - RED RODS (LONG RODS) 

Video tutorial : https://youtu.be/enFWomY2DBo 

Buku petunjuk praktek : Ivy Maya Savitri., 2019., Aktivitas Montessori Stimulasi Indra dan Bahasa., Cikal Aksara., Hal : 11

Yang ini kegiatannya adalah melatih visual, tactile, sensorik motor untuk konsep panjang pendek. Kegiatan long rods atau red rods atau tongkat merah ini persiapan belajar untuk matematika. 

Mengenalkan konsep panjang pendek di awal sering juga diberikan kepada anak-anak lewat worksheet atau lembar kerja dimana anak-anak hanya disuruh lihat lalu beri tanda mana benda yang panjang atau benda yang pendek, tanpa ada gerakan otot motorik yang merasakan kayak apa itu panjang dan apa bedanya dengan pendek. 

Di kegiatan ini justru anak akan diberikan pengalaman nyata tentang panjang pendek lewat seluruh indranya. Mereka bisa paham arti 'panjang' saat memegang tongkat yang paling panjang yaitu lewat gerakan otot tangannya yang mampu merasakan durasi waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan perabaannya dari ujung tongkat ke ujung lainnya ternyata lebih lama daripada tongkat yang pendek untuk konsep 'pendek'. 

 

Konsep panjang pendek ini merupakan konsep paling dasar untuk menanamkan pemahaman terhadap jumlah lebih banyak - lebih sedikit dalam matematika nanti (khususnya di kegiatan tongkat angka atau number rods). Bukan hanya itu saja, dari memahami panjang pendek secara konkrit lewat tongkat merah inipun, anak-anak akan dipersiapkan untuk memahami konsep waktu 'lama' (= panjang) dan 'sebentar' (= pendek). 

 

Tonton video lainnya di YouTube channel rumahmontessori ya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar