MENGAKTIFKAN OTAK ANAK MELALUI LINGKUNGAN YANG DIPERSIAPKAN (Hezki's matching number)
Masih ingat kan ya.. bahwa ciri khas
dari Metoda Montessori itu adalah prepared
environment (lingkungan yang dipersiapkan)
Diantaranya adalah dari segi
lingkungan fisik dan intelektual..
Semua rak-rak yang ada di sebuah
kelas Montessori selalu penuh dengan alat-alat yang dapat menstimulasi potensi anak.. Tidak kosong melompong..pun
tidak dipenuhi hanya dengan setumpuk buku-buku LKS dan peralatan tulis menulis
*nyengir..
Dari keseharian saya dalam mengajar
anak-anak *yang ternyata sampai detik ini – gak bisa lepas dari ‘guru kecil’ saya hehe..* selaluuu..saja ada keajaiban yang mereka
lakukan..
Seperti anak yang ada dalam foto di
bawah ini.. :’)
Bocah kecil berusia 2 tahun 9 bulan
saat dia melakukan semua ini.. ternyata secara alami dan tanpa diajarkan telah
mampu untuk berpikir secara aktif.. Otak-nya bekerja aktif.. Khusus Hezki yang kebetulan
kemampuan berbicaranya baru saja berkembang, kegiatan yang kami berikan memang
masih banyak di seputar kegiatan simple
matching & comparing. Itupun harus tunggu mood-nya. Tapi.. tidak
terpikir oleh kami bahwa suatu hari dengan inisiatif-nya, tanpa diajari – tanpa
disuruh : dia mengambil number cards dan memasukkannya ke dalam kotak spindle
box sambil menyamakan angka yang tertera di kartu dan di kotak.. *boleh bilang
WOW (gitu..?)
Awalnya secara naluriah dan..
biasalah.. feeling orang dewasa.. masih adaa aja rasa under estimate. . Saat
Hezkia masuk ke area matematika langsung berpikiran.. “Hadeuh..ngapain pula
bocil nyasar ke Math area? Long rods aja belom..”
Tapi kita pantau, walaupun ada rasa
ketidakpercayaan untuk membiarkan anak itu di area ini.. Perlahan tapi pasti
Hezkia mengambil number cards dan langsung mencari pasangan angka yang sama di
kotak spindle box dan memasukkannya.. fiuuh.. *ga jadi deh meng-interupsi anak pinter
ini.. hahaha..*lagian mana tegaa.. yang ada guru-gurunya di situ cuma bisa
tersenyum senang dan menyemangati Hezki..
Kami juga terkagum-kagum, bahwa anak
ini yang sepertinya tidak perhatian *maklum banyakan rewel dan jalan-jalan
keliling kelas.. tapi ternyata absorbent mind-nya dia sungguh-sungguh luar
biasa.. rentang waktu 4 bulan ke belakang memang pernah ada seorang anak yang
melakukan hal yang sama dan Hezki hari itu bisa melakukannya dengan sempurna..
Begituu..
Baiklah..kalau begitu..pesan
moralnya.. Please trust the child.. Do not under estimate.. and always give
them enough space to learn and explore J
Indahnya metoda ini.. tidak ada-nya pemisahan kelompok usia dalam
kelas-kelas dan dibukanya seluruh materi/area di sebuah kelas Montessori
membuat sang anak tidak pernah
dihalang-halangi untuk masuk ke area manapun.. karena walaupun area Matematika
atau Bahasa nampaknya seperti area untuk ‘anak besar’ (>4 tahun).. namun, selalu
ada yang bisa dipelajari oleh setiap anak – seberapa-pun usianya.. sesuai
dengan kapasitas kemampuan otak-nya saat itu.. Please don’t be so strict..
Trust them!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar