Nama material montessori : NUMBER RODS - TONGKAT ANGKA
Video tutorial : https://youtu.be/0WYbyrrMH7w
Buku Manual Praktek kerja alat : Ivy Maya Savitri., 2019., Aktivitas Montessori Ilmu Alam dan Matematika., Cikal Aksara., Hal : 45
Mengenalkan kuantitas (jumlah) secara konkrit selalu
didahulukan daripada mengenalkan anak pada simbol angkanya. Salah satunya
melalui material montessori seperti yang ada di video YouTube channel kami
ini.
Simbol angka selalu diberikan setelah anak paham seberapa
banyak kuantitasnya. Sehingga anak benar-benar fix mengerti perbandingan jumlah
banyak dan sedikitnya secara konkrit dulu.
Simbol hanya berfungsi sebagai identitas. Bagi metoda ini,
seseorang yang hanya kenal dan bisa sebut simbol angka, dianggap belum sah
'paham konsep', tapi cuma mentok di 'sekedar' hafal.
.
Melalui kegiatan tongkat angka di video ini, anak akan
diarahkan untuk mengerti bahwa, misalnya 5 itu fix memang lebih banyak daripada
2 (terlihat jelas real dari tongkat yang jumlah setrip merah birunya ada 5
memang lebih panjang daripada tongkat angka bersetrip 2). Bukan hanya bisa
'melihat' jelas real-nya, di tongkat angka ini bahkan anak sampai bisa 'meraba
merasakan' beda panjangnya.
Atau.. 3 itu fix lebih sedikit dari 6 (tongkat angka setrip
3 memang terbukti nyata terlihat lebih pendek daripada tongkat 6) dst.
Jadi jelas, anak dapetin konsep lebih banyak dan lebih
sedikit tadi bukan berdasarkan hafalan dari urutan angka (seperti misalnya :
angka 5 urutannya ada di sesudah angka 2 makanya 5 lebih banyak dan angka 3
urutannya ada di sebelum angka 6 makanya 3 lebih sedikit). Bukan.
.
Jika ada anak punya pertanyaan ajaib & meminta kita
membuktikan : Benarkah 5 itu lebih banyak daripada 2? Apa buktinya? Boleh ngga
aku tuker, 2 aja yang lebih banyak daripada 5?
Hehe saya mohon orang dewasa jangan cari jawaban 'ngeles'
dengan mengatakan "Udah dari sononya gitu aturan matematikanya, nurut aja
ya"
Kenapa gak ajak aja anak me-riset ulang kebenaran teori si
ilmu pasti ini?
Yaitu dengan menunjukkannya lewat alat peraga edukasi
tongkat angka tersebut sehingga bisa dijelaskan secara konkrit sampai anak
confirmed yakin memang aturan dan teori itu : benar. Biar mereka menemukan
sendiri lewat pengamatannya.
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar