Minggu, 27 Juli 2025

Alat Montessori Untuk Stimulasi Bayi (Bag-5 END) - Dancers Mobile Untuk Bayi di atas 8 Minggu


a.   DANCERS MOBILE (bisa untuk bayi mulai usia 8 minggu)

-          Ketika kita mengamati bayi sudah siap dengan tantangan latihan visual lainnya (mungkin sekira mulai usia 8 minggu atau lebih tergantung kondisi bayi), kita bisa mengenalkannya ke The Montessori Dancers mobile (gantungan penari). Alat stimulasi visual satu ini mungkin yang paling atraktif karena bayi sepertinya akan tampak menatap terpesona pada keempat gantungan bentuk penari yang mengkilap ini.

-          Ada banyak kejadian penting di balik mata bayi yang mengikuti gerakan gantungan penari ini :

o   Penglihatan makin berkembang

o   Otot-otot menguat

o   Konsentrasi terbangun

-          Gantungan penari (Montessori Dancers Mobile) terbuat dari 4 bentuk indah dan menarik yang menggambarkan figur manusia. Ketika gantungan ini bergerak, figur figur ini bergerak seperti menari di udara. Setiap figure orang-orangan pada gantungan ini dibuat dengan 3 bagian terdiri dari kepala, tangan dan kaki yang ketiganya dapat bergerak sendiri-sendiri. Figure penari pada gantungan ini terbuat dari kertas hologram mengkilap yang akan menjadi pertunjukkan cahaya yang mempesona bagi bayi yang melihatnya.

-          Coba diamati, bayi-bayi ini biasanya seakan tidak mau berhenti menatap gerakan lambat dari bentuk berwarna. Malahan kadang sampai mulutnya terbuka tanpa ada gerakan tubuh. Yang kita lihat adalah mata mereka yang fokus mengikuti gerakan benda gantungan.

Kekontrasan warna, pantulan cahaya serta keanggunan dan keindahan gerakan dari gantungan penari ini benar-benar akan membuat bayi kita mempertahankan perhatiannya.

-          Manfaat The Dancers Mobile (gantungan penari) :

o   Mengembangkan kemampuan lihat pada bayi melalui stimulus yang sesuai dengan usianya.

o   Menguatkan otot-otot mata, leher, lengan dan otot tengah tubuh.

o   Binocularity – gerakan koordinasi (kerjasama) kedua mata.

o   Persepsi yang lebih mendalam – melatih kemampuan melihat objek yang digantung pada ketinggian yang berbeda.

o   Berlatih mengikuti gerakan objek (visual tracking)

o   Mendorong agar bayi dapat berlatih mengalihkan pandangan dari satu objek ke objek lainnya.

o   Memungkinkan bayi melihat detail saat objek bergerak.

o   Bayi akan belajar bahwa walau banyak terjadi variasi perubahan dalam pencahayaan, jarak dan angles (sudut), ternyata bentuk, warna, dan ukuran objek semuanya selalu sama tidak berubah.

o   Akan melatih lebih banyak fokus dan konsentrasi yang merupakan dasar dari perkembangan kognitifnya.

-          Tips & Tricks

Kita bisa saja membuat variasi lainnya agar bayi tetap tertarik pada aktivitas ini. Pada awalnya kita bisa berikan objek dengan warna yang sama semua, lalu bertahap kita akan berikan objek dengan 2-3 warna yang berbeda. Terserah warnanya apa saja, karena di usia ini bayi sudah jauh lebih siap diberikan sesuatu yang lebih variatif.

Bisa juga dengan penempatan gantungan dengan posisi dan penerimaan cahaya yang tepat yang akan membuat gantungan ini membentuk bayangan pada dinding sehingga gerakan bayangan objek dapat ditracking oleh bayi.

-          KESIMPULAN

Gantungan penari ini bisa menjadi favorit bayi, karena beberapa faktor unik yang dimilikinya seperti : adanya perubahan cahaya atau sinar yang ditimbulkan oleh objek yang gemerlap (shiny).

 

-          PENGEMBANGAN untuk usia selanjutnya

Seiring bertambahnya usia bayi, mulai dari usia 8 bulan dan selanjutnya, stimulasi untuk objek gantungan ini sudah mulai bisa dikembangkan ke banyak variasi.

Setelah gantungan bentuk penari, bisa lanjut dengan memberikan sentuhan bentuk lainnya seperti misalnya bentuk binatang, bunga dan lainnya sebagai tambahan stimulasi untuk variasi bentuk dan warna.

Biasanya yang dijadikan objek variasi untuk bentuk binatang adalah : burung plus awan, kupu-kupu, ikan lumba-lumba dan paus.

 

THE END

TERIMAKASIH

 

Rabu, 23 Oktober 2024

Alat Montessori Untuk Stimulasi Bayi (Bag-4) - Gobbi Mobile Untuk Bayi 8-10 Minggu


GOBBI MOBILE color gradation (untuk bayi usia 8 -10 minggu)

-          Kemampuan penglihatan bayi berusia 8-10 minggu sudah berkembang cukup baik untuk menangkap perbedaan gradasi warna.

-          Gobbi mobile ini adalah disain hasil kolaborasi dari Gabriella Gobbi, sebuah alat gantungan yang dapat memfokuskan dan mengembangkan aspek indra penglihatan.

-          Gobbi mobile terdiri dari 5 bola dalam satu warna namun berbeda nuansa (gradasi). Bola-bola ini digantung dengan urutan menaik dengan sudut kenaikan sekitar 45˚

Warna bola yang paling gelap memiliki tali gantungan terpanjang karena warna ini paling terlihat jelas oleh bayi dan bola selanjutnya digantung makin tinggi posisinya sesuai dengan urutan gradasi warna. Bola Gobbi mobile ini terbuat dari styrofoam sehingga ringan dan akan bergerak menari perlahan ketika kita meniupnya.

-          Setelah Octahedron mobile dengan 3 warna primernya yang menarik perhatian, Gobbi mobile diberikan sebagai tantangan baru untuk meningkatkan kemampuan penglihatan bayi melalui 1 macam warna. Bayi akan tertarik tapi tetap dapat mengikuti gerakan perlahan Gobbi mobile tanpa kewalahan.

Pertama kali yang dilihat bayi kemungkinan besar adalah bola yang pertama, seiring dengan perkembangan penglihatannya, mata mereka akan bergerak mencari bola-bola yang lainnya. Bola-bola Gobbi mobile ini akan terus menarik perhatian bayi dan ke depannya akan memperpanjang rentang konsentrasi mereka.

-          Untuk menambah ketertarikan bayi, tempatkan Gobbi mobile di depan cermin

-          Manfaat Gobbi mobile :

o   Mengembangkan penglihatan bayi melalui stimulus yang sesuai dengan kebutuhan usia

o   Menguatkan otot mata, leher, lengan dan tubuh bagian tengah

o   Binokulariti : kedua mata bekerja berkoordinasi bersama

o  Penelusuran visual yang dinamis : kemampuan untuk mengikuti objek yang bergerak

o   Menyempurnakan persepsi tentang warna

o Kemampuan diskriminasi visual  : mampu membedakan nuansa atau gradasi yang ada dalam warna yang sama

o Mendorong anak untuk mengalihkan pandangan dari satu objek ke objek lainnya

o Akan mendorong fokus dan konsentrasi  bayi melalui penyajian gambar-gambar yang menarik. Hal ini akan menjadi landasan bagi perkembangan kognitif mereka.

o   Dengan bentuk geometris dan hubungan matematis yang presisi antara elemen-elemennya, Octahedron mobile ini dapat memberikan pengalaman pertama kepada bayi kita tentang STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics)

-          Tips & Tricks :

o   Sekitar usia 8 minggu, koordinasi tangan-mata bayi untuk menelusuri objek secara efektif sudah berkembang dengan cukup baik sehingga Gobbi mobile ini menarik perhatian untuk diraih oleh tangan mungilnya.

o   Kalau kita mau menstimulasi tidak sekadar visualnya tapi fisik juga maka posisi Gobbi mobile bisa lebih didekatkan ke posisi bayi sehingga memungkinkan bayi untuk bisa meraih bola-bola yang terendah, tapi bayi tetap harus diawasi dengan ketat agar keselamatan tetap terjaga.

-          KESIMPULAN :

Montessori Goobi mobile termasuk alat stimulasi yang popular, cantik dan eye-catching tidak hanya untuk bayi tetapi juga untuk orang dewasa karena banyak yang menggunakannya sebagai ornament dekorasi ruangan ketika bola-bola Gobbi ini sudah tidak terpakai lagi.



 

Minggu, 08 September 2024

Alat Montessori Untuk Stimulasi Bayi (Bag-3) - Octahedron Mobile Untuk Bayi 5-8 Minggu

 


OCTAHEDRON MOBILE red, yellow, blue 3D (untuk bayi usia 5 – 8 minggu)

-          Ketika bayi mulai memasuki usia 5 atau 6 minggu, kemampuan melihatnya pun semakin meningkat, sehingga dibutuhkan alat stimulasi yang lebih menantang dan sesuai untuk mendukung perkembangannya tersebut yaitu Octahedron mobile

-          Jika sebelumnya di Munari mobile bentuk yang terlihat berupa kartu flat 2 dimensi dengan warna kontras hitam putih, maka di usia ini bayi akan siap dikenalkan dengan bentuk geometri 3 dimensi yang bisa bergerak. Octahedron berbentuk segitiga sama sisi yang sederhana ini akan memperlihatkan bayi terhadap konsep matematika

-          Warna primer yang digunakan dalam Octahedron mobile adalah level stimulasi yang dinaikkan untuk perkembangan visualnya. Warna primer ini masih cukup kontras untuk bisa dilihat jelas perbedaa warnanya oleh bayi di usia awal, ditambah lagi dengan adanya variasi ukuran segitiga sama sisi pada Octahedron mobile ini

-          3 elemen yang ada pada Octahedron mobile ini menarik perhatian bayi didukung adanya tampilan visual warna yang cukup kuat yaitu merah, kuning dan biru. Merah adalah warna yang paling jelas terlihat oleh bayi dan itulah mengapa merah menjadi elemen berukuran terbesar di Octahedron mobile ini, lalu warna kuning adalah elemen berukuran sedang dan terakhir warna biru menjadi elemen berukuran terkecil.

Seiring dengan berkembangnya penglihatan bayi secara perlahan, Octahedron mobile ini terus memberikan perhatian pada mata mereka.

Ketiga elemen dalam Octahedron mobile ini ringan sehingga akan berayun perlahan mengikuti udara yang bergerak dalam ruangan.

Penggunaan kertas metallic (kertas yang mengkilat) pada elemen Octahedron mobile ini dapat menangkap dan memantulkan cahaya dengan baik sehingga dapat menjadi perhatian bayi untuk jangka waktu yang cukup lama

-          Manfaat dari Octahedron mobile :

o   Mengembangkan perkembangan penglihatan bayi dengan stimulus yang sesuai usia

o   Menguatkan otot-otot mata, leher, lengan dan core (bagian tengah tubuh)

o   Binocularity – kerjasama kedua mata

o   Melatih kemampuan dynamic visual tracking – mampu mengikuti arah benda yang bergerak

o   Mendorong mereka agar mampu mengalihkan pandangan antar objek

o   Berlatih fokus dan konsentrasi yang merupakan fondasi perkembangan kognitif melalui gambar dan bentuk yang sangat atraktif untuk bayi

o   Dengan bentuk geometris dan hubungan matematis yang presisi antara elemen-elemennya, Octahedron mobile ini dapat memberikan pengalaman pertama kepada bayi kita tentang STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics)

-          Tips and Tricks :

o   Buatlah variasi untuk Octahedron mobile ini. Bisa dengan membuat elemen 3D yang sama besarnya tapi posisinya dibuat menaik atau menurun (tinggi, rendah)

-          KESIMPULAN :

Material stimulasi ini betul-betul ide yang luar biasa, bagaimana sesuatu yang sederhana seperti si octahedron warna-warni ini dapat membuat perbedaan besar pada perkembangan penglihatan bayi. Tampilannya cantik, mudah dibuat sebagai stimulasi yang sempurna untuk tantangan visual si bayi mungil.





Rabu, 21 Agustus 2024

Alat Montessori Untuk Stimulasi Bayi (Bag-2) - Munari Mobile Untuk Bayi 0-6 Minggu


a.   THE MUNARI MOBILE white, black, transparent (untuk bayi usia 0 – 6 minggu)

-          Ketika bayi baru dilahirkan, penglihatan mereka masih belum sempurna dan ini akan menjadi sebuah proses perkembangan menjadi lebih baik seiring waktu berjalan. Bayi baru lahir bisa melihat bentuk dan warna kontras, namun penglihatannya masih buram

-          Karena minggu awal kehidupan bayi ini adalah periode penting dalam kehidupan bayi, maka sangat penting untuk memberikan stimulasi visual yang berpengaruh secara signifikan terhadap ketajaman penglihatan mereka untuk jangka panjang

-          Salah satu stimulasi untuk visual bayi baru lahir : The Munari baby mobile, yang dibuat dengan disain special untuk bayi baru lahir sesuai dengan nama pembuatnya yaitu Bruno Munari

-          Disain unik dari Munari mobile ini terdiri dari : bentuk geometri dasar, warna kontras pola hitam dan putih yang akan memastikan bayi kita betul betul akan memperhatikan bentuk-bentuk tersebut secara natural tanpa berupaya terlalu keras. Bayi baru lahir akan menyukai Munari mobile karena hal ini

-          Elemen dari Munari mobile :

o   Bentuk sederhana (bentuk geometri dasar), ideal untuk menarik perhatian bayi, meningkatkan perkembangan visual)

o   Warna kontras (hitam putih), warna yang lebih dapat ditangkap oleh bayi karena mata mereka yang sedang berkembang dapat melihat perbedaan-perbedaan ini dengan lebih mudah

o   Bergerak perlahan, Munari mobile akan berayun bergerak perlahan dan tenang mengikuti udara di ruangan. Hal ini akan membuat bayi bisa lebih baik dalam fokus dan mengikuti (tracking) pergerakan Munari mobile. Pergerakan ini sangat membantu keterampilan visual tracking bayi yang merupakan milestone esensial.

-          Usia bayi saat diberikan stimulasi Munari mobile : mulai 1 atau 2 mingu sampai 6 minggu (bergantung pada kondisi setiap anak yang berbeda-beda)

-          Untuk memaksimalkan keefektifan dari alat stimulasi ini, pastikan bayi dalam keadaan rileks, nyaman (well rested), kenyang, dan sedang terjaga (bangun) serta lingkungan sekitar yang cukup sunyi dan tenang

-          Manfaat dari Munari baby mobile :

o   Stimulasi visual

Warna yang kontras dan gerakan yang perlahan dari Munari mobile akan menyajikan stimulasi visual yang berharga bagi bayi. Stimulasi ini membantu perkembangan  kortex visual dan meningkatkan kemampuan mereka terhadap persepsi bentuk dan pola

o   Fokus – konsentrasi

Ketika bayi mengamati pergerakan Munari mobile secara perlahan, mereka berkonsentrasi dan memfokuskan perhatiannya. Keterampilan awal ini krusial sekali untuk kemampuan belajar dan menyelesaikan masalah di masa datang

o   Mendorong kemandirian

Filosofi Montessori dikenal dengan mengedepankan kemandirian. Bayi yang eksplor Munari mobile secara mandiri, artinya kita sedang melatih sense of autonomy (kemampuan mengarahkan diri sendiri) semenjak usia dini

-          Tips and tricks :

o   Jangan membatasi bentuk geometri atau pola yang digunakan untuk stimulasi dalam Munari mobile, silakan untuk mengembangkan ke gambar dan bentuk berwarna hitam putih lainnya seiring bertambahnya usia bayi.

-          KESIMPULAN 

The Montessori Munari mobile bukan hanya sekadar dekorasi untuk anak usia dini, tapi lebih dari itu Munari mobile adalah sebuah material yang powerful  untuk meningkatkan perkembangan dan belajar bayi di masa-masa awalnya.

Bentuknya yang sederhana, berwarna kontras dan bergerak perlahan sangat sejalan dengan filosofi Montessori.

Dengan menyediakan stimulasi visual, mendorong untuk latihan fokus konsentrasi dan kemandirian, Munari mobile dapat dijadikan sebagai pijakan untuk membangun rasa ingin tahu dan cinta belajar sepanjang hayat.


Rabu, 07 Agustus 2024

Montessori Untuk Bayi (Bag-1) Menyelami Kehidupan & Kebutuhan Stimulasi Bayi-Batita

DEEP DIVE INFANT/TODDLER ENVIRONMENT

Infant adalah istilah yang digunakan untuk menyebut bayi yang sangat muda, biasanya berusia kurang dari satu tahun. Infant membutuhkan banyak perhatian dan perawatan karena mereka masih sangat lemah dan tidak mampu melakukan banyak hal sendiri.

Baby adalah istilah yang lebih umum dan bisa digunakan untuk menyebut bayi dan anak-anak muda sampai usia dua tahun. Baby membutuhkan perhatian dan perawatan yang baik, tetapi mereka sudah mulai memiliki kemampuan untuk belajar dan mengeksplorasi lingkungan mereka.

Toddler adalah istilah yang digunakan untuk menyebut anak-anak yang berusia antara satu dan tiga tahun. Pada usia ini, anak-anak sudah mulai belajar berjalan dan berbicara, dan mereka sangat aktif dan penuh energi. Mereka juga mulai memiliki kemampuan untuk memahami dan bereksperimen dengan lingkungan mereka.

Secara keseluruhan, perbedaan antara infant, baby, dan toddler adalah usia dan tingkat kemampuan yang mereka miliki. Orang tua harus memahami perbedaan ini untuk memastikan bahwa mereka memberikan perawatan dan dukungan yang tepat bagi anak-anak mereka pada setiap tahap perkembangan mereka. (https://www.haibunda.com/bundapedia/20230220213055-212-298307/infant)


Why do they (Infant-Baby-Toddler) need prepared environment? Why it is important to young people?

- They need experiences, mereka memerlukan pengalaman yang :

o the positive one (baik dan positif)

o the interesting one (menarik)

o development in appropriate one (ada makna dan tujuan untuk tumbuh kembangnya)

Yang dibutuhkan dalam pertumbuhan dan perkembangan infant :

- Nutrisi, tempat tinggal dan pakaian yang berkualitas baik

- Hubungan dengan orang lain yang positif dan berkualitas 

- Kesempatan untuk bereksplorasi : diberi kebebasan sesuai kemampuannya

- Pengayaan di lingkungan belajarnya agar bayi bisa berkembang dengan baik

Perlu diingat : 

- Bayi memiliki kapasitas otak yang besar yang perlu diaktifkan dan difungsikan

- Bayi bergerak secara spontan tanpa otak sadar seperti orang dewasa


3 strategi agar orang dewasa dapat menciptakan bentuk kasih sayang yang ideal sehingga bayi bisa mendapatkan kontrol yang baik selama masa tumbuh kembangnya :

1. HOLD (keterlibatan emosi rasa yang kuat, bonding, ikatan)

o Cinta kasih sayang (love and affection)

o Membangun koneksi (connection)

o Menerima kondisi anak dengan tulus (accepting)

o Menghargai (respecting)


2. HANDLE (keterlibatan kontak fisik – body contact)

o Bermula dari memberi contoh (modeling)

o Adanya hubungan dan interaksi (relationship)

o Bekerja sama (collaborating) : beraktivitas bersama-sama, menemani


3. HELP – use your hands (membantu anak untuk berperilaku, berpikir, menyelesaikan masalah, membentuk dirinya sendiri)

o Berbicara melatih verbal (sesuai usia dan kondisi anak)

o Tidak perlu berekspektasi terlalu tinggi, mengingat usia dan pengalaman anak

o Cukup tunjukkan sesuatu untuk memperjelas 

o Melakukan aksi sederhana namun memiliki manfaat besar

o Banyak mengamati

o Menunggu dengan sabar, setiap perkembangannya sekecil apapun dihargai

o Berkomunikasi – berbicara santun, perlahan, menyenangkan namun sesekali tegas


Bahasa adalah sesuatu yang sangat penting dalam lingkungan tumbuh kembang infant-baby-toddler.

3 katagori utama bahasa yang sebaiknya diberikan dalam dunia tumbuh kembang bayi – batita (infant) :

1. BROADCASTING (pemberitahuan – self talk – tidak memerlukan respon)

o Berbentuk informasi atau memberi tahu

contoh : kegiatan yang diinformasikan kepada anak : “Ibu pergi ke dapur ya”

o Basic comment (komentar yang sederhana)

2. STEADYING (penguatan)

Bersifat meyakinkan, menguatkan sesuatu kepada anak melalui :

o Bahasa yang membuat nyaman anak (make comfortable)

o Memberikan perhatian penuh (paying attention)

o Memberikan rasa aman (secure)

o Memastikan diri kita hadir untuk mereka (presence)

o Bahasa yang diisi dengan ‘hati’ – yang penuh rasa dan kasih (compassionate)

o Memberikan tanggapan yang positif

3. STORY TELLING (alur cerita)

o Berkisah sebuah cerita, bisa tentang diri kita sendiri, kegiatan kita sehari-hari atau dari buku cerita

o Kegiatan ini untuk membangun ikatan emosi yang baik dan membuat bayi nyaman


2 faktor penting untuk material stimulasi dalam lingkungan belajar infant (bayi – batita) :

1. NON DIDACTIC MATERIALS (alat stimulasi yang sudah didisain)

o Material atau alat edukasi yang bersifat open ended

o Dapat digunakan oleh bayi dalam berbagai cara 

o Dapat dibuat sendiri

2. CARE OF SELF & ENVIRONMENT ITEMS (alat stimulasi yang terdapat di lingkungan sekitar bayi dan aktivitas kehidupan sehari-harinya) contoh : popok, diapers, toilet, makanan, kegiatan bersih-bersih

o Memberikan area gerak yang luas dan terbuka

o Semua benda yang boleh dijamah oleh anak, disimpan di tempat yang mudah dijangkau dan diakses

o Anak bisa bergerak dan berpindah dengan bebas dan aman

Jangan pernah memaksa bayi untuk berdiri dan berjalan dengan menggunakan cara apapun, tunggulah sampai otot-otot dan kemampuannya benar-benar siap dan matang untuk berdiri dan berjalan dengan alami dan dengan sendirinya.

Artikel ini masih ada kelanjutannya. Silakan lengkapi pengetahuan tentang infant ini dengan terus menyimak postingan blog kami untuk mendapatkan informasi & pemaparan contoh-contoh alat stimulasi berbasis metode montessori untuk bayi baru lahir beserta penjelasan lengkapnya. Pantau terus ya.. Semoga bermanfaat!


Rabu, 16 November 2022

MONTESSORI ITU (katanya) Terlalu Bebas - Bikin Bingung Anak, Terlalu Fokus ke Lifeskills, Sekolahnya Mahal


MONTESSORI ITU (katanya) BEGINI… MONTESSORI ITU (katanya) BEGITU… Bagian-3

Seri belajar (lagi) tentang metode montessori PAUD


Menanggapi beberapa pendapat (terutama yang kontroversial) terhadap Metode Montessori – khususnya level PAUD

(semua tanggapan ini dibuat berdasar pendapat dan pengalaman pribadi penulis - 23 tahun di dunia montessori - dan referensi buku : The Essential Montessori by Elizabeth Hainstock)

·       Montessori itu (katanya)..  Terlalu memberikan kebebasan untuk memilih sehingga dapat membingungkan anak dan juga terlalu bebas bergerak di kelas

Penyajian material di kelas Montessori sebaiknya dipastikan : tertata rapi dan sistematis, teratur, terukur (tidak terlalu banyak tidak terlalu sedikit) sehingga tidak akan membingungkan karena kuantitas alat kegiatan yang sudah diukur. Dengan memberikan kebebasan memilih pada anak justru akan memudahkan anak untuk memastikan pilihan kegiatan yang benar-benar ia ingin dan butuhkan saat itu. Apalagi material yang disajikan adalah material kegiatan yang sudah disiapkan untuk kebutuhan sesuai range usianya. Yang membuat bingung anak justru biasanya datang dari terlalu banyaknya instruksi, perintah dan pilihan yang disodorkan (bahkan dengan sedikit dipaksa) oleh orang dewasa kepada anak, serta banyaknya material yang didisplay tidaklah sesuai dengan ketertarikan dan kebutuhan masa peka dan usianya.

Bebas bergeraknya anak di kelas Montessori adalah bergerak yang bermakna karena mereka memang sedang bekerja dengan alat kegiatannya serta ada respek atau saling menghargai orang lain saat kita bisa melihat mereka bergerak dan berjalan dengan hati-hati berupaya tidak mengganggu aktivitas teman-temannya. Jenis gerakan anak-anak di dalam kelas ada aturannya dan tetap mendapat arahan dari fasilitator agar tetap bisa beraktivitas dengan nyaman dan aman di dalam kelas (contohnya : berjalan di kelas, cara bawa alat yang aman, berbicara perlahan dll).


·       Montessori itu (katanya).. Terlalu banyak mengarah ke aktivitas EPL atau Latihan Keterampilan Hidup di dalam kelas

Anak-anak di kelas montessori memang dibekali banyak pembelajaran untuk hidup. Hal paling mendasar dalam belajar sesuatu yang dilalui dan dilakukan oleh anak usia dini adalah fase meniru (imitating) segala aktivitas kehidupan yang ada di lingkungan sekitarnya. Artinya : sudah pastilah setiap kegiatan sehari-hari ini memang  secara alami terasa dekat dan merupakan bagian dari kehidupan anak anak itu sendiri sehingga hal ini menjadi menarik bagi mereka untuk dilakukan secara berulang-ulang.

Perlu kita ketahui bahwa di dalam aktivitas kehidupan sehari-hari ini banyak sekali gerakan-gerakan dasar yang anak lakukan dan gerakan ini adalah dasar persiapan untuk belajar dan beraktivitas ke level intelektual yang lebih lanjut. Di aktivitas inilah anak akan mendapatkan pengalaman melalui aktivitas yang melatih sensori, koordinasi tangan dan mata, kontrol otot motorik kasar dan halus, problem solving serta koordinasi dan ketangkasan gerakan untuk menguatkan keterampilan yang dibutuhkan untuk membaca dan menulis. Belum lagi mereka juga berlatih logika berpikir dan daya nalarnya.


·       Montessori itu (katanya).. Biaya sekolahnya mahal dan hanya bisa dijangkau oleh kalangan atas. Biaya sekolah Montessori level PAUD yang cukup tinggi belum tentu menjamin masa depan individu yang lebih baik

Zaman sekarang sepertinya sudah banyak bisa ditemukan prasekolah montessori yang biayanya terjangkau. Makin banyaknya sumber dan pusat pelatihan yang tersedia untuk mempelajari metode montessori dan diikuti pula makin banyaknya produsen pembuat alat montessori dengan harga bersaing menjadikan sekolah bermetode montessori ini makin mudah direalisasikan. Banyak juga modifikasi alat ajar dan sistem pengajaran yang dibuat berdasarkan pendekatan metode montessori sehingga kebutuhan dana untuk pengadaan alat montessori bisa ditekan banyak namun masyarakat tetap bisa mengenyam esensi dari metode montessori .

Pendapat lainnya adalah : banyak orangtua yang masih berpikir bahwa biaya pendidikan tinggi (kuliah) lebih penting dan lebih menentukan masa depan seseorang kelak sehingga mereka lebih rela menyisihkan dananya untuk level pendidikan tinggi ini. Sedikit yang menyadari bahwa pendidikan di level usia dini sebenarnya merupakan hal yang paling dasar dan krusial dalam menentukan kualitas keseluruhan tingkat pendidikan yang dijalani setiap individu dari level awal sampai tingkat lanjut. 


Bersambung ke Bagian-4.