Pages

Selasa, 24 November 2020

Mengenalkan Konsep Ganjil Genap Pada Anak Usia Dini di Montessori

Nama material montessori : CARD & COUNTERS - ODD EVEN NUMBER (Angka & Objek - Konsep Ganjil Genap)

Video tutorial : https://youtu.be/0VT7BA_XAaw

Buku petunjuk praktek kerja : Ivy Maya Savitri., 2019., Aktivitas Montessori Ilmu Alam dan Matematika Hal : 54., Cikal Aksara.


Kegiatan di video ini, anak akan diarahkan untuk mencoba mandiri berpikir dalam mengurutkan angka. Silakan menyimak sampai selesai, bagaimana metoda ini menyampaikan konsep bilangan ganjil genap secara konkrit alias anak benar-benar bisa lihat nyata ada benda yang tampak jelas menunjukkan pola ganjil genap itu seperti apa. 

Lewat bahasa dan presentasi yang simpel, anak-anak sebetulnya juga sedang dibantu membangun pemahaman lewat tampilan pola angka dan objek di video ini yang menunjukkan bahwa : bilangan ganjil itu tidak habis dibagi dua (selalu ada sisa 1 keping) dan bilangan genap selalu habis dibagi dua (tanpa sisa).

Pengenalan awal konsep ganjil genap dibuat se-sederhana ini supaya mudah dicerna anak.

Yang jelas bukan sekedar menghafal bahwa ganjil genap hanya sekadar istilah selang seling saja dalam sebuah urutan angka. 

Paling tidak, anak paham bisa menjelaskan ketika ditanya : Mengapa 3 disebut bilangan ganjil? Mengapa 4 disebut bilangan genap?   

Mengenai nanti ujungnya anak-anak akan tetap mengingat istilah ganjil genap ini dengan pola selang seling, ya biarkan saja.. Itu kan kesimpulan cara yang mereka ciptakan untuk kebutuhan mengingat cepat. 

Selamat menyimak  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar