Pages

Rabu, 21 Agustus 2024

Alat Montessori Untuk Stimulasi Bayi (Bag-2) - Munari Mobile Untuk Bayi 0-6 Minggu


a.   THE MUNARI MOBILE white, black, transparent (untuk bayi usia 0 – 6 minggu)

-          Ketika bayi baru dilahirkan, penglihatan mereka masih belum sempurna dan ini akan menjadi sebuah proses perkembangan menjadi lebih baik seiring waktu berjalan. Bayi baru lahir bisa melihat bentuk dan warna kontras, namun penglihatannya masih buram

-          Karena minggu awal kehidupan bayi ini adalah periode penting dalam kehidupan bayi, maka sangat penting untuk memberikan stimulasi visual yang berpengaruh secara signifikan terhadap ketajaman penglihatan mereka untuk jangka panjang

-          Salah satu stimulasi untuk visual bayi baru lahir : The Munari baby mobile, yang dibuat dengan disain special untuk bayi baru lahir sesuai dengan nama pembuatnya yaitu Bruno Munari

-          Disain unik dari Munari mobile ini terdiri dari : bentuk geometri dasar, warna kontras pola hitam dan putih yang akan memastikan bayi kita betul betul akan memperhatikan bentuk-bentuk tersebut secara natural tanpa berupaya terlalu keras. Bayi baru lahir akan menyukai Munari mobile karena hal ini

-          Elemen dari Munari mobile :

o   Bentuk sederhana (bentuk geometri dasar), ideal untuk menarik perhatian bayi, meningkatkan perkembangan visual)

o   Warna kontras (hitam putih), warna yang lebih dapat ditangkap oleh bayi karena mata mereka yang sedang berkembang dapat melihat perbedaan-perbedaan ini dengan lebih mudah

o   Bergerak perlahan, Munari mobile akan berayun bergerak perlahan dan tenang mengikuti udara di ruangan. Hal ini akan membuat bayi bisa lebih baik dalam fokus dan mengikuti (tracking) pergerakan Munari mobile. Pergerakan ini sangat membantu keterampilan visual tracking bayi yang merupakan milestone esensial.

-          Usia bayi saat diberikan stimulasi Munari mobile : mulai 1 atau 2 mingu sampai 6 minggu (bergantung pada kondisi setiap anak yang berbeda-beda)

-          Untuk memaksimalkan keefektifan dari alat stimulasi ini, pastikan bayi dalam keadaan rileks, nyaman (well rested), kenyang, dan sedang terjaga (bangun) serta lingkungan sekitar yang cukup sunyi dan tenang

-          Manfaat dari Munari baby mobile :

o   Stimulasi visual

Warna yang kontras dan gerakan yang perlahan dari Munari mobile akan menyajikan stimulasi visual yang berharga bagi bayi. Stimulasi ini membantu perkembangan  kortex visual dan meningkatkan kemampuan mereka terhadap persepsi bentuk dan pola

o   Fokus – konsentrasi

Ketika bayi mengamati pergerakan Munari mobile secara perlahan, mereka berkonsentrasi dan memfokuskan perhatiannya. Keterampilan awal ini krusial sekali untuk kemampuan belajar dan menyelesaikan masalah di masa datang

o   Mendorong kemandirian

Filosofi Montessori dikenal dengan mengedepankan kemandirian. Bayi yang eksplor Munari mobile secara mandiri, artinya kita sedang melatih sense of autonomy (kemampuan mengarahkan diri sendiri) semenjak usia dini

-          Tips and tricks :

o   Jangan membatasi bentuk geometri atau pola yang digunakan untuk stimulasi dalam Munari mobile, silakan untuk mengembangkan ke gambar dan bentuk berwarna hitam putih lainnya seiring bertambahnya usia bayi.

-          KESIMPULAN 

The Montessori Munari mobile bukan hanya sekadar dekorasi untuk anak usia dini, tapi lebih dari itu Munari mobile adalah sebuah material yang powerful  untuk meningkatkan perkembangan dan belajar bayi di masa-masa awalnya.

Bentuknya yang sederhana, berwarna kontras dan bergerak perlahan sangat sejalan dengan filosofi Montessori.

Dengan menyediakan stimulasi visual, mendorong untuk latihan fokus konsentrasi dan kemandirian, Munari mobile dapat dijadikan sebagai pijakan untuk membangun rasa ingin tahu dan cinta belajar sepanjang hayat.


Rabu, 07 Agustus 2024

Montessori Untuk Bayi (Bag-1) Menyelami Kehidupan & Kebutuhan Stimulasi Bayi-Batita

DEEP DIVE INFANT/TODDLER ENVIRONMENT

Infant adalah istilah yang digunakan untuk menyebut bayi yang sangat muda, biasanya berusia kurang dari satu tahun. Infant membutuhkan banyak perhatian dan perawatan karena mereka masih sangat lemah dan tidak mampu melakukan banyak hal sendiri.

Baby adalah istilah yang lebih umum dan bisa digunakan untuk menyebut bayi dan anak-anak muda sampai usia dua tahun. Baby membutuhkan perhatian dan perawatan yang baik, tetapi mereka sudah mulai memiliki kemampuan untuk belajar dan mengeksplorasi lingkungan mereka.

Toddler adalah istilah yang digunakan untuk menyebut anak-anak yang berusia antara satu dan tiga tahun. Pada usia ini, anak-anak sudah mulai belajar berjalan dan berbicara, dan mereka sangat aktif dan penuh energi. Mereka juga mulai memiliki kemampuan untuk memahami dan bereksperimen dengan lingkungan mereka.

Secara keseluruhan, perbedaan antara infant, baby, dan toddler adalah usia dan tingkat kemampuan yang mereka miliki. Orang tua harus memahami perbedaan ini untuk memastikan bahwa mereka memberikan perawatan dan dukungan yang tepat bagi anak-anak mereka pada setiap tahap perkembangan mereka. (https://www.haibunda.com/bundapedia/20230220213055-212-298307/infant)


Why do they (Infant-Baby-Toddler) need prepared environment? Why it is important to young people?

- They need experiences, mereka memerlukan pengalaman yang :

o the positive one (baik dan positif)

o the interesting one (menarik)

o development in appropriate one (ada makna dan tujuan untuk tumbuh kembangnya)

Yang dibutuhkan dalam pertumbuhan dan perkembangan infant :

- Nutrisi, tempat tinggal dan pakaian yang berkualitas baik

- Hubungan dengan orang lain yang positif dan berkualitas 

- Kesempatan untuk bereksplorasi : diberi kebebasan sesuai kemampuannya

- Pengayaan di lingkungan belajarnya agar bayi bisa berkembang dengan baik

Perlu diingat : 

- Bayi memiliki kapasitas otak yang besar yang perlu diaktifkan dan difungsikan

- Bayi bergerak secara spontan tanpa otak sadar seperti orang dewasa


3 strategi agar orang dewasa dapat menciptakan bentuk kasih sayang yang ideal sehingga bayi bisa mendapatkan kontrol yang baik selama masa tumbuh kembangnya :

1. HOLD (keterlibatan emosi rasa yang kuat, bonding, ikatan)

o Cinta kasih sayang (love and affection)

o Membangun koneksi (connection)

o Menerima kondisi anak dengan tulus (accepting)

o Menghargai (respecting)


2. HANDLE (keterlibatan kontak fisik – body contact)

o Bermula dari memberi contoh (modeling)

o Adanya hubungan dan interaksi (relationship)

o Bekerja sama (collaborating) : beraktivitas bersama-sama, menemani


3. HELP – use your hands (membantu anak untuk berperilaku, berpikir, menyelesaikan masalah, membentuk dirinya sendiri)

o Berbicara melatih verbal (sesuai usia dan kondisi anak)

o Tidak perlu berekspektasi terlalu tinggi, mengingat usia dan pengalaman anak

o Cukup tunjukkan sesuatu untuk memperjelas 

o Melakukan aksi sederhana namun memiliki manfaat besar

o Banyak mengamati

o Menunggu dengan sabar, setiap perkembangannya sekecil apapun dihargai

o Berkomunikasi – berbicara santun, perlahan, menyenangkan namun sesekali tegas


Bahasa adalah sesuatu yang sangat penting dalam lingkungan tumbuh kembang infant-baby-toddler.

3 katagori utama bahasa yang sebaiknya diberikan dalam dunia tumbuh kembang bayi – batita (infant) :

1. BROADCASTING (pemberitahuan – self talk – tidak memerlukan respon)

o Berbentuk informasi atau memberi tahu

contoh : kegiatan yang diinformasikan kepada anak : “Ibu pergi ke dapur ya”

o Basic comment (komentar yang sederhana)

2. STEADYING (penguatan)

Bersifat meyakinkan, menguatkan sesuatu kepada anak melalui :

o Bahasa yang membuat nyaman anak (make comfortable)

o Memberikan perhatian penuh (paying attention)

o Memberikan rasa aman (secure)

o Memastikan diri kita hadir untuk mereka (presence)

o Bahasa yang diisi dengan ‘hati’ – yang penuh rasa dan kasih (compassionate)

o Memberikan tanggapan yang positif

3. STORY TELLING (alur cerita)

o Berkisah sebuah cerita, bisa tentang diri kita sendiri, kegiatan kita sehari-hari atau dari buku cerita

o Kegiatan ini untuk membangun ikatan emosi yang baik dan membuat bayi nyaman


2 faktor penting untuk material stimulasi dalam lingkungan belajar infant (bayi – batita) :

1. NON DIDACTIC MATERIALS (alat stimulasi yang sudah didisain)

o Material atau alat edukasi yang bersifat open ended

o Dapat digunakan oleh bayi dalam berbagai cara 

o Dapat dibuat sendiri

2. CARE OF SELF & ENVIRONMENT ITEMS (alat stimulasi yang terdapat di lingkungan sekitar bayi dan aktivitas kehidupan sehari-harinya) contoh : popok, diapers, toilet, makanan, kegiatan bersih-bersih

o Memberikan area gerak yang luas dan terbuka

o Semua benda yang boleh dijamah oleh anak, disimpan di tempat yang mudah dijangkau dan diakses

o Anak bisa bergerak dan berpindah dengan bebas dan aman

Jangan pernah memaksa bayi untuk berdiri dan berjalan dengan menggunakan cara apapun, tunggulah sampai otot-otot dan kemampuannya benar-benar siap dan matang untuk berdiri dan berjalan dengan alami dan dengan sendirinya.

Artikel ini masih ada kelanjutannya. Silakan lengkapi pengetahuan tentang infant ini dengan terus menyimak postingan blog kami untuk mendapatkan informasi & pemaparan contoh-contoh alat stimulasi berbasis metode montessori untuk bayi baru lahir beserta penjelasan lengkapnya. Pantau terus ya.. Semoga bermanfaat!